Manfaat Teh Tawar Hangat

Manfaat Teh Tawar untuk Tubuh

  • Mencegah Kanker

Kaya akan zat antioksidan, menjadikan teh sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Zat epigalio catechin gallate di dalamnya juga membantu untuk membunuh sel kanker.

  • Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Teh yang tidak diberi tambahan pemanis buatan, mengandung zat tanin yang cukup tinggi yang sangat baik untuk pencernaan.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam teh juga terdapat kandungan asam amino yang membantu pembentukan protein di dalam tubuh yang berfungsi untuk memelihara tulang, rambut, kulit serta otot yang kuat. Hal ini juga dikarenakan vitamin D di dalam teh yang membantu menyempurnakan fungsi tersebut.

Manfaat Teh Tawar Hangat

Manfaat Teh Tawar untuk Diet

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan polifenol katekin di dalam teh dapat merangsang dan mendorong pengeluaran energi dari tubuh dalam bentuk panas (thermal), sehingga lemak akan mudah teroksidari dan meningkatkan sensivitas insulin dan metabolisme juga semakin meningkat.

  • Mengendalikan Kadar Gula

Teh juga mempunyai kandungan mangan (Mn) yang berguna untuk membantu penguraian gula dan mengubahnya jadi energi. Untuk inilah, zat mangan berfungsi menjaga kadar gula yang masuk tetap dalam keadaan normal dan tidak menumpuk sehingga menimbulkan penyakit dan kegemukkan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh yang bebas kalori seperti teh tawar akan membantu program diet yang mungkin sedang moms lakukan.

Manfaat Teh Tawar untuk Diet
baca juga

Manfaat Teh Tawar untuk Wajah

  • Memberi Efek Menghaluskan dan Mencerahkan

Vitamin E dan vitamin C yang terkandung di dalamnya mencapai 500 kali lebih banyak dari lemon, yang tentunya efektif untuk menjaga elastisitas kulit dan membantu mencerahkan kulit. Selain mencerahkan, vitamin E nya juga membuat kulit terasa halus hanya dengan cara membasuh wajah setiap pagi dengan teh tawar yang didiamkan semalaman.

  • Mengatasi Sun Burn

Kandungan di dalam teh tawar mampu meredakan kulit yang kemerahan atau perih, selain itu juga dapat mengembalikan warna kulit seperti semula. Untuk inilah teh tawar dapat digunakan setelah moms habis beraktivitas di luar ruangan, caranya hanya tinggal kompres wajah dengan handuk yang dibasahi oleh teh tawar. Namun, moms juga bisa membasuh wajah dengan teh tawar sebelum beraktivitas untuk melindunginya dari sinar UV.

  • Mengobati Jerawat

teh tawar memiliki zat anti inflamasi, anti bakteri serta anti septik yang cukup ampuh mengobati jerawat, dengan mengoleskan air teh tawar pada area wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 15-20 menit sebelum dibilas dengan bersih setelahnya. Selain itu, teh tawar juga mengurangi jumlah sebum dan membantu meringankan peradangan akibat jerawat.

  • Menghilangkan Kantung Mata

Jadikan air teh sebagai kompres mata atau masker untuk menghilangkan mata panda atau lingkaran mata.

Manfaat Teh Tawar untuk Wajah

Aturan Minum Teh Tawar

  • Minum teh tidak lebih dari 3 cangkir sehari, karena bisa menyebabkan masalah gigi dan gangguan tidur. Sebaiknya bisa dikonsumsi saat pagi hari dan sore hari. Dan hindari saat malam sebelum tidur, karena kandungan kafein-nya akan menganggu waktu tidur.
  • Jangan menyeduh kembali kantong teh yang telah digunakan. Selain mengurangi manfaatnya, kandungan kafein pada kantong bekas menjadi lebih tinggi dan juga rentan terkena bahaya bakteri yang bisa menganggu proses pencernaan.
  • Beri jeda sekitar 30-40 menit untuk minum teh setelah makan. Karena kandungan antioksidan di dalam teh akan mengikat zat besi serta protein dari makanan, yang nantinya justru akan mengurangi zat tersebut terserap ke dalam tubuh.
Aturan Minum Teh Tawar