Haruskah Mandi Setiap Hari?

Bayi baru lahir tidak perlu mandi setiap hari. Moms pasti tahu bahwa banyak bayi terkena ruam dan kulit kering karena terlalu banyak mandi. Sampai tunggul tali pusar bayi kamu terjatuh, bersihkan si kecil dengan spons atau kain yang lembut dan bukan memasukkannya ke dalam bak mandi.

Bila tali pusarnya sudah sembuh, dia hanya butuh mandi sekali atau dua kali seminggu. Setelah beberapa bulan, mandi harian baik-baik saja (meski tidak perlu), tapi gunakan pelembab begitu dia keluar dari bak mandi.
 

source: http://www.solusisehatku.com



 

baca juga

Mandi Pagi Hari

Mandi akan memberikan efek rileks pada bayi sehingga saat mandi dan setelahh mandi bayi akan merasa nyaman dan tenang. Ritual mandi akan membantu tidur bayi lebih tenang, sehingga saat dimandikannya di pagi hari, bayi akan tidur lelap dan kamu bisa beraktivitas saat ia tidur. Kamu bisa menentukan apakan bayi mandi pagi atau sore, tergantung kamu.
 

source: http://ibudanmama.com



 

Latihan Memandikan

Menangani bayi yang menggeliat, basah dan licin membutuhkan latihan dan kepercayaan diri, tapi kamu dan bayi kamu akan terbiasa mandi dan mulai menikmatinya. Sebagian besar bayi menemukan air hangat yang menenangkan dan mandi bisa membantu bayi yang rewel untuk rileks dan tenang.
 

source: http://www.catatanbidan.com



 

baca juga

Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu ketika kamu tidak sibuk sehingga bisa mencurahkan perhatian pada bayi kamu. Sebaiknya bayi kamu terbangun dan puas tidur sebelum memulai ritual mandi, dan di antara menyusui, jadi dia tidak lapar atau kenyang.

Saat bayi kamu lahir, mungkin kamu merasa paling mudah untuk mandi di siang hari. Tapi setelah beberapa bulan, bayi mandi bisa menjadi bagian dari rutinitas tidurnya.
 

source: http://www.firdaus45.com