Kue Kering Nastar

Siapa yang nggak kenal nastar? Kue kering yang satu ini menjadi favorit keluarga Indonesia di seluruh penjuru. Bisanya nastar berbentuk bulat di mana di dalam kue tersebut berisi selai nanas yang kental. Saat lebaran tiba, Moms nggak boleh ketinggalan untuk menyajikan nastar di meja ya. Soalnya, kalau nggak ada nastar tuh, nggak lengkap. Nah, ternyata kue kering nastar memiliki berbagai jenis seperti kue nastar bentuk jagung dan kue nastar bentuk burger. Berikut penjelasannya:

Kue Nastar Bentuk Jagung

Nggak cuma bulat, kue nastar bisa dikreasikan mejadi beberapa macam lho. Salah satunya, bentuk jagung. Cara membuatnya sama kok. Anya saja, Moms harus memiliki ketelatenan untuk membentuk adonan nastar menjadi mirip jagung.

Caranya gampang, pisahkan sedikit adonan nastar dan beri warna hijau. Moms bisa memipihkan adonan putih dan beri seidkit selai nanas kemudian gulung hingga bentuknya lonjong seperti jagung. Buat garis-garis menggunakan pisau agar mirip seperti garus pada jagung dan beri adonan hijau sebagai daun. Jangan lupa olesi kuning telur pada permukaan nastar dan panggang hingga matang. Selamatt mencoba Moms!

Kue nastar bentuk jagung ini memiliki bentuk yang menarik sehingga sangat pas untuk menghiasi meja ruang tamu Moms saat lebaran nanti.

baca juga

Kue Nastar Bentuk Burger

Untuk menghilangkan kesan klasik pada nastar, Moms bisa berkreasi dengan adonan nastar Moms lho. Kalau tadi kita membahas soal kue nastar bentuk jagung, kini kita membahas kue nastar bentuk burger. Untuk adonan kue nastar ini masih sama seperti kue nastar lainnya, namun isi dari kue ini bukan nanas Moms, melainkan permen kenyal seperti Yupi.

Moms cukup pipihkan adonan kemudian masukkan beberapa yupi ke dalam adonan nastar. Tutup yupi tersebut dengan adonan nastar lagi namun jangan tutup rapat ya. Biarkan yupi-yupi tersebut mencuat ke luar. Jangan lupa tambahkan biji wijen dan kuning telur dipermukaan nastar ya. Biar makin all out!

Resep Kue Nastar Unik

Kalau tadi kita membahas soal kue nastar bentuk jagung dan burger, sekarang yuk kita membahas soal resep kue nastar. Simak sampai habis ya Moms, jangan lupa juga untuk mempraktekkannya di rumah!

Bahan-bahan Nastar:

  • Margarin 250 gram
  • Butter 250 gram
  • Gula halus 100 gram (kurang lebih 6 sendok makan)
  • Kuning telur mentah 4 butir dan 1 atau 2 butir kuning telur rebus (telur rebus wajib di pakai ya, jangan di skip karena rahasia nastar yang lembut dan lumer di mulut itu dari penggunaan kuning telurnya. Kalau mau bikin resep nastar burger ekonomis yang irit boleh pakai 1 kuning telur rebus).
  • Tepung terigu protein rendah 650 gram
  • Tepung maizena 50 gram (kurang lebih sekitar 4 sendok makan)
  • Susu bubuk Dancow putih 4 sendok makan
  • Vanili 1 sendok teh
  • Keju cheddar parut 50 gram

Untuk Isian/Topping:

  • Selai nanas, selai apel, selai bluberry atau selai apa saja sesuai selera
  • Atau keju cheddar yang dipotong dadu
  • Manisan buah kering (sokade)
  • Wijen secukupnya

Bahan Olesan Nastar:

Kuning telur 1 buah (kalau mau hasilnya cantik bisa racik olesan 1 kuning telur yang di tambah 1 sendok teh minyak goreng, 1 sendok teh air dan juga sedikit pewarna kuning tua)

Cara Membuat Resep Nastar unik:

1. Langkah pertama kocok sebentar mentega, butter, gula dan telur sampai rata saja dengan menggunakan spatula atau kocokan telur (ga perlu pakai mixer). Kemudian masukkan tepung terigu, maizena, susu bubuk Dancow, keju parut dan juga vanila essense (vanili). Aduk perlahan menggunakan tangan sampai adonan tercampur rata.

2. Setelah itu masukkan adonan ke wadah/plastik atau wadah tertutup untuk di istirahatkan sebentar. Baru deh ambil adonan sedikit demi sedikit saat mau dibentuk. Dengan cara ini adonan nastar akan terjaga kelembapannya sehingga nastar tidak keras dan mudah dibentuk.

3. Untuk membentuk nastar unik, caranya gampang kok! Bentuk nastar sesuai bentuk apa yang Moms inginkan, beri selai secukupnya.

4. Kemudian bentuk guratan kecil dibagian belakang nastar biar seperti karakter yang Moms inginkan. Lakukan sampai adonan habis.

5. Panggang adonan yang sudah di bentuk burger di oven dengan suhu 140 derajat celcius selama 20 menit. Setelah 20 menit keluarkan nastar lalu oles atasnya dengan kuning telur yang sudah diracik tadi, jangan lupa taburi wijen secukupnya.

6. Setelah itu panggang lagi sampai kue nastar menjadi kuning keemasan kurang lebih sekitar 10 menitan tergantung ovennya ya. Kalau kue kering burger sudah benar-benar dingin masukkan ke toples atau siap dikemas satu-satau pakai plastik PP food grade biar nggak alot.

Nah cukup mudah bukan membuat resep nastar unik yang merupakan kue nastar bentuk terbarunya?