Mommy dapat mulai dengan menceritakan beberapa kisah inspiratis mengenai beberapa tokoh emansipasi perempuan yang populer. Nah, berikut ini adalah beberapa hal penting seputar emansipasi perempuan yang dapat Mommy ceritakan pada anak-anak.

Perjuangan Kartini

Rayakan Hari Kartini, Simak Kisah 5 Tokoh Emansipasi Perempuan yang Juga Populer di Dunia
source: http://kupang.tribunnews.com/


Seperti yang sudah kita semua ketahui, R.A. Kartini perempuan hebat yang pernah berjuang menghadapi tantangan dan batasan yang diberikan pada kaum wanita adalah sosok yang penting dalam perjuangan kesetaraan gender dan emansipasi kaum wanita di Indonesia.

Ia adalah wanita yang memperjuangkan beragam hak perempuan yang dahulu hanya diarahkan menjadi golongan manusia kelas dua yang posisinya berada di bawah laki-laki. Ia pula yang dahulu memperjuangkan hak wanita untuk belajar dan mendapatkan pendidikan formal di sekolah. Dengan kata lain, berkat jasanya kita, para wanita, dapat memperoleh kesempatan untuk bersekolah hingga tinggi.
 


Emansipasi Wanita di Dunia
 

Rayakan Hari Kartini, Simak Kisah 5 Tokoh Emansipasi Perempuan yang Juga Populer di Dunia
source: https://www.reseau-canope.fr/


Tidak hanya di Indonesia, pergerakan mengenai kesetaraan gender, khususnya bagi para perempuan yang kerap menjadi manusia kelas dua juga dilakukan di berbagai negara. Pasalnya, memang banyak masyarakat yang menganggap perempuan hanya memiliki tugas dan kewajiban di rumah, yaitu memasak, mengurus rumah, mengurus anak, dan melayani suami. Tentu ini banyak ditentang oleh para aktivis perempuan, bahkan sejak dulu kala.
 

baca juga


Tokoh Emansipasi Wanita
 

Rayakan Hari Kartini, Simak Kisah 5 Tokoh Emansipasi Perempuan yang Juga Populer di Dunia
source: http://www.redspark.nu/


Nah, berikut ini adalah beberapa tokoh wanita yang menjadi sosok pejuang kesetaraan bagi wanita yang dapat Mommy ceritakan pada si kecil :

  1. Khadijah R.A. Siapa yang tidak tahu kisah tentang istri pertama dari Nabi Muhammad SAW? Khadijah merupakan wanita yang terhormat dengan kesuksesannya dalam berbisnis. 
  2. Wangari Maathai. Wangari adalah seorang aktivis kemanusiaan, kesetaraan wanita, dan lingkungan asal Afrika. Peran besarnya membuat ia dianugerahi penghargaan berupa Nobel perdamaian tahun 2004
  3. Malala Yousafzai. Malala adalah seorang pelajar di sekolah Pakistan yang aktif dalam berbagai pergerakan yang memperjuangkan hak para wanita untuk dapat memperoleh hak belajar dan berpendidikan.
  4. Margaret Fuller. Margaret merupakan salah satu tokoh wanita yang paling berpengaruh di dunia. Ia merupakan salah satu wanita pertama yang dapat mengakses buku-buku di perpustakaan Harvard.
  5. Mary Wollstonecraft. Mary adalah seorang feminis yang juga merupakan filsuf yang mendedikasikan hidupnya untuk emansipasi wanita. Ia juga menulis sebuah buku berjudul A Vindication of the Rights of Women (1792) yang berisikan argumentasi mengenai bagaimana seharusnya perempuan dan laki-laki memiliki kedudukan yang sama.


Pergerakan Emansipasi Wanita
 

Rayakan Hari Kartini, Simak Kisah 5 Tokoh Emansipasi Perempuan yang Juga Populer di Dunia
source: https://englishprojectserios.wordpress.com/


Nah, itulah beberapa tokoh perempuan yang memperjuangkan emansipasi wanita di seluruh dunia. Perlu diketahui, pergerakan ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan hingga saat ini masih belum sempurna.

Untuk itu, berikan pemahaman pada anak-anak mengenai bagaimana perempuan dan laki-laki sebenarnya memiliki hak dan kewajiban dan sama dalam kehidupan. Dengan begitu, Mommy juga telah berkontribusi mendorong kesetaraan perempuan sebagaimana yang dilakukan R.A. Kartini dan semua pejuang kesetaraan wanita lainnya.