Namun, itu bukan berarti puasa dapat berbahaya dengan perkembangan janin dan kehamilan. Pasalnya, beberapa penelitian yang dilakukan pada ibu hamil menunjukkan bahwa ibadah puasa selama Ramadan tidak berpengaruh pada berat, panjang, dan ukuran kepala bayi.

Akan tetapi, Mommy tetap perlu memerhatikan beberapa asupan nutrisi yang harus dipenuhi selama berpuasa di masa kehamilan.

Puasa Ramadan Untuk Ibu Hamil

Pastikan Asupan Nutrisi Ini Terpenuhi untuk Ibu Hamil yang Ikut Puasa Ramadan
source: https://www.centerforfetalmedicine.com/


Puasa Ramadan 2019 semakin dekat, tentu ada banyak persiapan yang harus dilakukan bagi para umat Islam untuk dapat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh lamanya. Terlebih lagi para ibu hamil yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa meskipun sedang menjalani masa kehamilan. Hal ini boleh dilakukan asal Mommy sudah melakukan konsultasi kesehatan dan memeriksan kondisi janin dan kandungan dengan baik. 
 


Puasa Saat Hamil
 

Pastikan Asupan Nutrisi Ini Terpenuhi untuk Ibu Hamil yang Ikut Puasa Ramadan
source: https://www.istockphoto.com/


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, puasa saat hamil sebenarnya sama sekali tidak memberikan pengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan. Namun, kondisi kesehatan tertentu pada ibu, janin dan kandungan tentu perlu dipertimbangkan dengan matang.

Apalagi jika ibu memiliki berat badan yang rendah dan berisiko membuat asupan nutrisi bagi si kecil terhambat. Berbeda dengan para ibu hamil yang memang memiliki kondisi fisik kuat untuk menjalani ibadah puasa.
 

baca juga


Tips Untuk Ibu Hamil Puasa
 

Pastikan Asupan Nutrisi Ini Terpenuhi untuk Ibu Hamil yang Ikut Puasa Ramadan
source: https://depositphotos.com/


Hal terpenting bagi ibu hamil yang ingin menjalani ibadah puasa adalah memastikan bahwa asupan cairan tubuh selalu terpenuhi dengan baik. Jangan sepelekan tiap gelas yang harus diminum saat sahur, berbuka, dan malam sebelum tidur.

Pastikan asupannya benar-benar cukup untuk tubuh dan kandungan. Selain itu, pastikan juga untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan janin dan tubuh ibu sendiri sebagai sumber energi.
 


Asupan Nutrisi Ibu Hamil
 

Pastikan Asupan Nutrisi Ini Terpenuhi untuk Ibu Hamil yang Ikut Puasa Ramadan
source: https://economictimes.indiatimes.com/


Nah, berikut ini adalah daftar nutrisi yang tidak boleh Mommy lewatkan dalam tiap sajian menu makan sahur dan berbuka :

  • Karbohidrat
  • Protein hewani
  • Protein nabati
  • Lemak
  • Vitamin dan mineral
  • Kalsium
baca juga


Rekomendasi Makanan Sehat Ibu Hamil Saat Puasa
 

Pastikan Asupan Nutrisi Ini Terpenuhi untuk Ibu Hamil yang Ikut Puasa Ramadan
source: https://ni24news.com/


Terakhir, untuk pilihan menunya, pastikan Mommy memilih sumber karbohidrat kompleks untuk memberikan energi yang lebih tahan lama. Selain itu, perbanyak asupan protein dari daging, ayam, telur dan ikan. Lengkapi juga asupan nutrisi lain dari buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, serta keju dan susu. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan manis karena cepat lemah dan lemas.