Hubungan Antara Telur dan Paskah


Pernah nggak sih moms bertanya-tanya apa hubungan antara telur dan Paskah? Kenapa telur selalu dilambangkan di perayaan Paskah? Memangnya ada tertulis di alkitab? 

Sebenarnya tidak ada bukti tertulis di alkitab hubungan langsung antara Paskahdan telur. Telur lebih berfungsi sebagai lambang yang digunakan untuk mengambarkan Paskah. Paskah adalah proses penebusan dosa oleh Yesus Kristus, proses yang melambangkan kelahiran kembali. Oleh sebab itu telur dipilih karena telur melambangkan kelahiran kembali. 

Yang menarik dari pelambangan ini adalah pertama kali penggunaan telur untuk perayaan bukan dicetuskan oleh umat kristiani. Pelambangan telur pertama kali terjadi di abad pertengahan.

Ketika itu masyarakat di Eropa merayakan sebuah perayaan dewi Eastre untuk menyambut musim semi. Lalu ketika hadirnya kepercayaan Kristiani maka disadurlah tradisi ini agar masyarakat lebih mudah menerima perayaan Paskah dan lebih melekat sehingga tidak mudah dilupakan.

Menurut Prof. Henry Kelly seorang professor yang mempelajari tradisi abad pertengahan di University of California, penggunaan telur lebih digemari orang-orang dibandingkan penggunaan daging saat perayaan terlebih di jaman ekonomi sulit. 

Hubungan Antara Telur dan Paskah
source: http://analisadaily.com


 

Menghias dan Berburu Telur Paskah


Sedangkan tradisi telur Paskahhias baru tercatat terjadi di tahun 1290, ketika itu Edward I membawa pulang 450 telur untuk diwarnai dan di lapisi emas sebagai pertanda kesuksesan. Lalu seiring berjalannya waktu di akhir abad 19  atau di awal abad ke 20, tradisi telur Paskahhias ini kemudian lebih melekat kepada anak-anak. 

Kemudian selain menghias telur Paskah, keluarga juga memulai tradisi Paskahdengan proses berburu telur agar lebih menyenangkan dan anak-anak menjadi semakin bersemangat dalam perayaan Paskahini. 

Menghias dan Berburu Telur Paskah
source: https://www.tagar.id

Apa nih perayaan Paskah di keluarga moms? Jangan lupa moms, memang merayakan Paskah dengan telur hias dan berburu telur paskah menyenangkan, tapi perlu juga mengajari anak-anak tentang arti sebenarnya paskah, yaitu penebusan dosa oleh Yesus Kristus. Hal ini agar anak-anak mulai paham ajaran agama sejak dini dan dapat lebih menghargai kehidupan yang kita miliki sekarang. 

Tuhan berkati dan selamat Paskah!