Lidah Buaya


Lidah buaya bisa menjadi pilihan tepat masker rambut untuk kulit kepala kering. Tanaman ini memiliki sifat antiradang yang bisa melembabkan kulit kepala dan membantu mengurangi iritasi akibat kondisi kulit yang kering.

Cara mengaplikasikannya cukup gampang. Belah daun lidah buaya dan usapkan gelnya langsung di kulit kepala. Diamkan selama 10 menit sampai gelnya benar-benar meresap. Bilas sampai bersih dengan menggunakan shampo.

Moms juga bisa menambahkan minyak esensial seperti lavender, peppermint atau tea tree dengan gel lidah buaya. Kemudian, pijatkan di kulit kepala dan 
​diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih dengan shampo.

Lidah Buaya
source: https://www.lifestyle.kompas.com


 

Alpukat


Buah alpukat juga punya manfaat baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Kandungan asam lemak tak jenuhnya dapat melembabkan dan melindungi kulit kepala yang kering.

Caranya, hancurkan daging alpukat sampai benar-benar halus. Lalu, campurkan dengan minyak zaitun. Kandungan nutrisi pada minyak ini cukup baik kesehatan kulit kepala dan rambut.

Selanjutnya, lumuri campuran bahan tersebut di kulit kepala dan rambut sambil melakukan pijatan ringan. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Alpukat
source: https://www.tribunnews.com


 

baca juga

Minyak Kelapa


Minyak satu ini cukup multifungsi serta punya banyak khasiat, termasuk untuk urusan rambut. Cara membuat masker rambut dari minyak kelapa praktis sekali, moms. Oleskan saja langsung di kulit kepala dengan merata (bisa saat rambut basah atau kering). Setelah itu, balut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15-20 menit. Cuci rambut sampai bersih.

Minyak Kelapa
source: https://www.doktersehat.com


 

Madu dan Minyak Zaitun


Resep masker rambut alami selanjutnya adalah masker dari minyak zaitun dan madu. Campuran keduanya bermanfaat untuk menutrisi sekaligus melembabkan kulit kepala.

Campurkan 100 cc madu murni dengan 50 cc minyak zaitun, lalu hangatkan sejenak. Kemudian, usapkan ke kulit kepala dan rambut sampai merata. Diamkan selama 20-30 menit. Bilas dan cuci sampai bersih

Madu dan Minyak Zaitun
source: https://www.ruangmuslimah.co


 

baca juga

Yogurt dan Telur


Solusi masalah kulit kepala kering juga bisa diatasi dengan menggunakan masker yogurt dan telur. Kombinasi keduanya dapat membantu menyehatkan dan melindungi kulit kepala akibat paparan radikal bebas dari polusi udara.

Untuk membuat masker, gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa. Campurkan beberapa sendok yoghurt dengan satu butir telur. Oleskan langsung ke kulit kepala dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Yogurt dan Telur
source: https://www.perfectbeauty.id

Itu dia DIY masker rambut alami untuk kulit kepala yang kering. Mudah, bukan? Selamat mencoba, moms.