Makanan Pedas

Makanan Pedas

Makanan pedas merupakan makanan pemicu usus buntu yang harus Moms hindari. Hal ini dikarenakan biji cabai yang tidak hancur bisa menyumbat usus dalam jangka waktu panjang dan menyebabkan radang usus buntu. Tapi, makanan pedas bukan penyebab utamanya Moms. Makanan pedas seperti cabai, paprika pedas, atau saus sambal bisa memicu kondisi lain yang menyebabkan pencernaan mengalami gangguan. Dampak yang terjadi mual bahkan sampai muntah-muntah.

Makanan Rendah Serat

Makanan Rendah Serat

Buat Moms yang hobi makan makanan fast food, ternyata nggak baik untuk kesehatan usus Moms lho. Makanan ini hanya mengandung banyak karbohidrat dan rendah serat. Mengonsumsi gula dan makanan manis dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan sembelit dan meningkatkan risiko infeksi, termasuk infeksi yang menyebabkan usus buntu. Duuh, seram kan Moms?

baca juga

Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi

Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi

Makanan yang mengandung penyedap rasa serta bumbu instan lainnya, seperti mi instan bisa memicu usus buntu. Ini karena makanan bergaram tinggi bisa menyebabkan iritasi pada usus. Apalagi jika Moms tidak mencernanya dengan baik sehingga makanan tersebut dapat menyumbat usus. Jika potongan kecil makanan yang menyumbat permukaan, bisa memicu bakteri terbentuk di dalam usus buntu.

Tips Mencegah Usus Buntu

Tips Mencegah Usus Buntu

Mulai dengan rutin makan makanan dengan kandungan serat yang tinggi setiap hari. Pasalnya, asupan serat yang kurang dalam tubuh justru bisa memicu penumpukan pada usus karena makanan menjadi lebih sulit dicerna dengan baik. Sumber makanan berserat tinggi bisa dengan mudah didapatkan dari kelompok sayur dan buah-buahan. Misalnya apel, pir, pisang, mangga, semangka, tomat,wortel, brokoli, kacang-kacangan, mentimun, bayam, sawi, serta sayur dan buah jenis lainnya. Yuk mulai hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit!