Seberapa Sering Bayi Perlu Mandi?

Tidak perlu memandikan setiap hari bayi yang baru lahir. Tiga kali seminggu mungkin cukup sampai bayi kamu menjadi lebih aktif. Memandikan bayi terlalu sering bisa mengeringkan kulitnya. Kamu hhanya perlu membersihkan membersihkan bagian yang kotor seperti bokong, leher, wajah, dan cukup dilap pakai handuk dengan air hangat atau tissu basah.
 

source: http://www.tribunnews.com



 

baca juga

Lebih Baik Mandi Pagi atau Sore?

Anda bebas menentukan kapan ingin memandikannya, baik itu di pagi hari atau sore hari. Pilihlah saat ketika kamu tidak terburu-buru atau mungkin terganggu. Beberapa orangtua memilih mandi pagi, saat bayi mereka susah tidur.

Banyak ibu yang menjadikan mandi sebagai ritual tidur yang menenangkan. Jika kamu memandikan bayi setelah diberi makan, pertimbangkan untuk menunggu perut bayi kamu untuk sedikit mengendap.
 

source: https://wawasan85.blogspot.co.id



 

Bolehkah Mandi Spons?

Bayi mandi spons disarankan sampai tali pusar jatuh. Ini mungkin memakan waktu 1 atau 2 minggu. Untuk memberi bayi spons mandi, kamu akan memerlukan: Tempat yang hangat dengan permukaan yang rata. Meja kamar mandi atau dapur, meja ganti, atau tempat tidur. Bahkan selimut atau handuk di lantai tidak apa-apa.

Bantalan permukaan keras dengan selimut atau handuk. Untuk membersihkan tubuh bayi, gunakan air biasa atau sabun pelembab ringan. Perhatikan lipatan di bawah lengan, di belakang telinga, di sekitar leher dan di daerah popok. Juga bersihkan antara jari dan jari kaki bayi kamu.
 

source: http://napitoe2.rssing.com



 

baca juga

Bak Mandi Bayi

Begitu bayi kamu siap mandi, kamu bisa menggunakan bak plastik atau wastafel. Line bak atau wastafel dengan handuk bersih. Kumpulkan persediaan yang akan kamu gunakan untuk mandi spons, secangkir air pembilas dan sampo bayi, jika perlu, sebelumnya. Ini akan memungkinkan kamu untuk tetap memegangi satu tangan pada bayi setiap saat. Jangan pernah meninggalkan bayi kamu sendiri di bak mandi.
 

source: http://123tahun.com



 

Berapa Banyak Air?

Rekomendasi umum adalah 2 inci (sekitar 5 centimeter) air hangat, bukan air panas. Agar bayi tetap hangat, kamu bisa menuangkan air hangat ke seluruh tubuhnya selama mandi.

Menggunakan sedikit air cukup untuk menutupi bahu bayi dapat menenangkan dan membantu mengurangi kehilangan panas. Dengan sejumlah air, pastikan untuk menahan bayi kamu dengan aman saat mandi.
 

source: https://www.sott.net



 

Berapa Suhu Air?

Atur termostat pada pemanas air kamu sampai di bawah 120 F (49 C). Selalu periksa suhu air dengan tangan kamu sebelum memandikan bayi. Tujuan air mandi sekitar 100 F (38 C). Pastikan ruangan nyaman juga hangat. Bayi yang basah dapat dengan mudah kedinginan.

source: https://www.tokopedia.net



 

Mulai Cuci Wajah Bayi

Kebanyakan orangtua mulai dengan wajah bayi dan bergerak ke bagian tubuh yang lebih kotor. Hal ini membuat daerah yang dibilas tidak bersabun lagi. Jika rambut bayi kotor dan kamu rasa perlu mencucinya, teruskan saja.

Pijat lembut kepala bayi dengan setets sampo bayi. Bilas sampo dengan secangkir air atau lap basah, tutupi satu tangan di dahi bayi agar busa sampo tidak masuk ke matanya.
 

source: https://bacaanku.com