Mengajak Anak Tarawih


Shalat tarawih adalah shalat sunnah ba'da Isya yang dilakukan khusus saat bulan puasa saja. Rakaat tarawih ada yang berjumlah delapan dan ada juga yang sampai dua puluh. Durasinya yang agak panjang sanggup dilakukan oleh orang dewasa, namun tidak oleh sebagian besar anak-anak. Meski demikian, tugas orang tualah untuk mendidik anak menjadi terbiasa melakukan ibadah sunnah ini. 

Hal yang paling utama adalah jadilah role model yang baik untuk anak, sebab anak terbiasa meniru kebiasaan orangtuanya. Jangan cuma menyuruh, tetapi ajak mereka untuk bersama-sama ikut tarawih di masjid. Jika perlu, iming-imingi dengan hadiah seperti mentraktir makanan selepas pulang tarawih.

Khusus untuk anak yang baru pertama kali melaksanakannya, kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk ikut karena penasaran. Pastikan juga mereka telah makan dan minum agar tidak kelaparan nanti.

Mengajak Anak Tarawih
source: https://www.jateng.tribunnews.com


 

Beri Pengertian kepada Anak


Namanya anak-anak, pasti nakal dan suka ribut. Kegaduhan mereka bisa saja mengganggu kekhusyukan ibadah tarawih nantinya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberi pengertian kepada si kecil tentang adab-adab berada di masjid.

Jelaskan kepada mereka bahwa masjid adalah tempat untuk beribadah, bukan untuk bermain. Tempatkan mereka di samping orang tua saat shalat, jangan biarkan berkumpul dengan sesama anak kecil untuk bermain.

Beri Pengertian kepada Anak
source: https://www.lamandel.com


 

baca juga

Bawa Bekal Makanan dan Mainan


Anak-anak yang baru pertamakali atau belum terbiasa shalat tarawih pasti akan merasa lelah setelah mengerjakan beberapa rakaat. Tidak perlu di paksa. Namun, awasi mereka agar tetap tidak meninggalkan shaf dan bermain dengan anak lainnya.

Agar anak tidak bosan, moms bisa mempersiapkan bekal cemilan atau mainan. Jika anak masih mengenakan popok, jangan lupa juga bawa popok cadangan.

Bawa Bekal Makanan dan Mainan
source: https://www.loperonline.com

Itu dia beberapa tips mengajak anak shalat tarawih ramadhan nanti. Semoga bermanfaat ya moms.