Seperti yang diketahui, mengajarkan anak sedari dini untuk berpuasa memang sangat baik untuk dilakukan, sehingga nantinya saat dewasa mereka akan mengenal arti tanggung jawab. Tantangan terbesar buat Moms juga bagaimana caranya membangunkan si kecil untukikut sahur. Agar berhasil melakukannya, 5 tips berikut ini bisa Moms coba yah.

1. Memasang Alarm Bersama

Puasa Ramadan 2019 memang sebentar lagi akan datang, Moms. Sebagai seorang ibu muda yang memiliki anak kecil, pasti sudah memikirkan cara bagaimana membangunkan sahur agar tidak rewel. 

Cara pertama yang bisa Moms lakukan dengan memang alarm, lho. Pasang alarm secara bersama-sama bareng si kecil dan berikan pengertian bahwa esok semua umat muslim anak melakukan sahur, sehingga si kecil merasa bahwa besok seperti perayaan besar yang sayang jika dilewatkan. 
Tips Membangunkan Si Kecil Sahur di Puasa Ramadan Pertama Mereka
source: https://hellosehat.com

2. Tidur Lebih Awal


Agar anak biasa belajar untuk puasa, mulailah dengan melakukan sahur setiap hari. Cara agar tidak rewel dan bisa bangun saat sahur, cobalah dengan menyuruhnya tidur lebih awal. Tidur yang cukup membuat anak tidak rewel saat disuruh bangun. 

Tidur lebih awal juga membuat jam tidur si kecil tidak terganggu, sehingga saat pagi hari anak tidak akan merasa ngantuk dan lemas untuk menjalankan aktivitas seperti biasanya.
2. Tidur Lebih Awal
source: https://www.suara.com
baca juga

3. Memberikan Pengertian Bahwa Puasa Harus Sahur


Moms, cara berikut ini juga terbilang penting untuk dilakukan. Sebagai ibu, Moms harus bisa memberikan pengertian dengan bahasa yang mudah dipahami si anak, tentang pentingnya sahur jika ingin menjalankan ibadah puasa.

Memberikan pengertian akan membuat si kecil paham pentingnya sahur, sehingga dia akan merasa bahwa sahur itu termasuk kegiatan yang penting untuk dilakukan.
3. Memberikan Pengertian Bahwa Puasa Harus Sahur
source: https://hellosehat.com

4. Atur Waktu Tidur Siang Anak


Jika biasanya anak tidur siang dengan waktu yang lama, kali ini buatlah waktu tidur siang anak menjadi singkat. Tujuannya agar si kecil lebih mudah untuk tidur lebih awal dari jam biasnya, sehingga lebih mudah untuk membangunkan sahur. 
4. Atur Waktu Tidur Siang Anak
source: https://www.jummakids.com
baca juga

5. Menu Makan Sahur Anak


Selain membangunkan si kecil, ada satu lagi nih masalah yang kerap kali menghampiri Moms, yup apalagi kalau bukan memilih menu sahur. Selain enak, kandungan gizi juga kerap kali menjadi hal yang harus diperhatikan untuk menjaga tumbuh kembang anak. 

Moms, bisa coba membuat menu semur ayam, telur dadar campur brokoli, atau menu favorit si kecil. Untuk membuat si kecil makin semangat untuk sahur, siapkan camilan dan buah kesukaannya ya Moms.

Gimana Moms, 5 tips di atas bisa coba untuk dipraktekkan di rumah ya. Semoga tahun ini si kecil tidak rewel dan drama saat diajak untuk sahur bersama. 
5. Menu Makan Sahur Anak
source: https://hellosehat.com