Setelah seharian berpuasa disarankan untuk berbuka dengan makanan yang manis untuk menggantikan energi yang hilang usai seharian berpuasa. Lalu apa saja makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa? Simak penjelasannya di sini yuk Moms.

Puasa Ramadhan 2019 

Awal ramadhan 2019 diperkirakan akan jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019 (mengacu ke Saudi Arabia) dan akan berakhir pada hari selasa tanggal 4 Juni 2019. Idul Fitri akan jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019. Namun, untuk kepastiannya masih menunggu sidang isbat yang akan menggabungkan dengan hasil pengamatan hilal. 
 

Makanan yang Dianjurkan Saat Berbuka Puasa 

Untuk Mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa, tapi tidak boleh asal manis. Menu yang sering kita jumpai seperti kolak, es cendol, es teh manis, sebenarnya kurang tepat untuk membatalkan puasa.

Selain air putih, minuman terbaik saat berbuka puasa adalah jus buah atau jus sayur seperti, jus apel, wortel, pisang, tomat, dan lain-lain. Berikut ini makanan yang boleh dikonsumsi saat berbuka puasa : 

  • Jus buah 
  • Jus sayur 
  • Buah-buahan
  • Yoghurt
  • Sayuram\n
  • Susu
  • Telur 
  • Kacang-kacangan dll. 
source: https://www.freegreatpicture.com/files/photo102/50634-healthy-eating-people.jpg

 
baca juga

Menu Takjil Buka Puasa

Memilih menu takjil untuk buka puasa harus tepat dan menyehatkan. Menurut pakar kesehatan 
jus buah atau sari buah alami dapat menjadi pilihan tepat untuk dijadikan menu takjil. Sari buah alami mengandung sedikit serat, sehingga mudah diserap dengan cepat dan tubuh akan kembali berenergi.

Selain sari buah alami, Moms juga bisa mengonsumsi buah kurma sebagai pilihan menu yang menyehatkan. Pilihlah kurma yang memiliki kulit keras karena masih memiliki kadar serat yang tinggi. Selain itu Moms juga bisa memilih menu takjil lain seperti, sop buah dengan pemanis madu, agar-agar, salad buah, buah-buahan segar dan lain-lain.

Untuk makanan berat saat buka puasa Moms bisa memilih tumis sayur, ayam bakar, karedok atau pecel, aneka sup sayur, nasi merah, atau kentang rebus. Pilihlah makanan yang sehat yang mengandung serat tinggi. Hindari mengonsumsi makanan pedas dan minum kopi saat berbuka puasa. Usahakan jangan makan dan minum terburu-buru dan jangan kalap. 

 

Asupan Nutrisi Tubuh Saat Puasa 

Ketika berpuasa, banyak perubahan fungsi tubuh yang terjadi. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik sangat diperlukan bagi tubuh. Nutrisi tubuh harus sangat diperhatikan ketika berpuasa agar tubuh tetap selalu sehat, kuat, dan berenergi saat menjalankan ibadah puasa. 

Ada 5 nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh saat puasa agar tubuh terhindar dari berbagai serangan penyakit dan tetap lancar dalam menjalankan ibadah puasa, yang pertama adalah protein. Protein berperan penting untuk menghasilkan energi meski sedang berpuasa. Makanan seperti telur, ayam, ikan, dan daging dapat dijadikan salah satu menu ntap sasahur harian.

Nutrisi yang ke dua adalah karbohidrat. Karbohidrat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh selama berpuasa. Karena karbohidrat menjadi sumber energi utama tubuh untuk menunjang segala aktivitas sehari-hari selama berpuasa. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan tubuh mudah lesu dan tidak bertenaga. 

Ke tiga adalah serat. Makanan yang mengandung serat dapat dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Karena serat membantu memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula. Makanan yang mengandung serat adalah sayuran, buah-buahan, beras merah, beras hitam, coklat, dan lain-lain.

Nutrisi ke empat adalah lemak. Lemak juga menjadi salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh saat berpuasa meskipun tidak sebanyak kebutuhan protein dan karbohidrat. Namun mengonsumsi lemak pun tidak boleh sembarangan. Sebaiknya pilih makanan yang mengandung lemak baik seperti, alpukat, ikan, bayam, biji-bijian, dan minyak zaitun 

Dan nutrisi terakhir yang dibutukan tubuh saat berpuasa adalah vitamin dan mineral. Pilih makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti buah dan sayur. Buah yang mengandung banyak air bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa sehingga bisa terhindar dari rasa haus.


 

source: http://www.stephentonguefitness.com/wp-content/uploads/eat-variety-of-natural-foods.jpg

 
baca juga

Tips Sehat Selama Puasa 

Berikut ini beberapa tips sehat saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh tetap sehat dan segar selama menjalankan ibadah puasa. 
 

  • Tips Saat Sahur 
Sebaiknya saat sahur konsumsi makanan yang banyak mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Agar dapat menahan rasa lapar, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur. Usahakan untuk memperbanyak konsumsi air putih pada malam hari untuk menghindari dehidrasi. Bagi penderita sakit lambung sebaiknya hindari makanan seperti, ketan, minuman bersoda, mie, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, makanan pedas dan asam. 
  • Tips Saat Buka Puasa
Saat berbuka puasa hindari untuk langsung minum air dingin atau es. Sebaiknya minum minuman yang hangat agar perut tidak menjadi kembung. Sebelum menyantap makanan hidangan buka puasa sebaiknya berisitirahat kuang lebih 1 jam untuk memberikan kesimbangan pada pencernaan kita. Hindari makan berlebihan dan terburu-buru, kunyah makanan dengan perlahan dan baik. Dengan demikian kerja lambung tidak terlalu berat, karena lambung membutuhkan ruang kosong mencerna makanan. 

Nah, itulah Moms beberapa  tips selama puasa dan apa saja makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa. Semoga bermanfaat untuk ya Moms.