Es Krim
Es krim sesuai namanya memiliki rasa krim yang kuat. Bahan dasarnya, selain krim ialah susu dan kuning telur. Proses pencampuran bahan-bahan ini adalah dengan diaduk secara cepat dan kuat. Pengadukannya menggunakan mesin. Ini membuat banyak gelembung udara masuk ke bahan yang sedang diaduk.

Seporsi es krim dalam proses pengadukannya bisa mengembang 25 hingga 90 persen. Sederhananya semakin padat sebuah es krim semakin bagus kualitasnya. Es krim kualitas premium bisa hanya mengembang sekitar 25 persen. Es krim didinginkan dengan suhu minus 20 hingga minus 12 derajat celcius. Ini yang menyebabkan es krim terasa tajam di lidah.

Biar Nggak Keliru, Ketahui Perbedaan Es Krim, Gelato dan Sorbet!
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.brilio.net/amp/hits/punya-bentuk-yang-mirip-begini-beda-es-krim-gelato-dan-sorbet-180329n.html

Namun ini juga yang membuat es krim lebih tahan lama. Secara rasa, es krim lebih kuat rasa krimnya. Teksturnya juga lebih lembut dan mudah hancur karena tinggi kandungan gelembung udara. Sementara, kandungan lemak es krim berkisar antara 12-14 persen.

Gelato
Gelato merupakan es krim yang berasal dari Italia dan kata “gelato” sendiri berasal dari kata 'congelati' yang berarti beku. Meski demikian salam perjalanannya gelato menjadi jenis tersendiri. Gelato dibuat dari susu, gula, kuning telur, dan air. Karena bersifat 'homemade', dalam hal bahan baku gelato lebih dinamis.

Biar Nggak Keliru, Ketahui Perbedaan Es Krim, Gelato dan Sorbet!
source: http://berryondairy.blogspot.com/2013/03/gelato-your-connection-to-consumers.html?m=1

Beberapa juru masak menciptakan gelato dengan tambahan kacang. Beberapa lainnya menghilangkan unsur kuning telur atau susu. Banyak toko-toko yang menyajikan berbagai jenis Gelato tanpa susu, tanpa kuning telur, atau tanpa kacang. Gelato diaduk dengan kecepatan pelan. Ini membuat teksturnya lebih padat. Kemudian dibekukan pada suhu yang lebih panas, sekitar minus 10 derajat celcius. Dengan suhu ini, gelato tak tahan lama dan mudah cair. 

Untuk rasa gelato tak tajam di lidah. Teksturnya juga padat. Rasa susunya lebih terasa. Kandungan lemak pada gelato sangat rendah. Namun hingga saat ini belum ada standar baku berapa kisaran lemak yang tepat agar sebuah olahan bisa disebut gelato. Tapi, sejauh ini rata-rata kisaran lemak gelato di bawah 10 persen. Gelato berkualitas tinggi bahkan hanya mengandung 1-3 persen lemak. 

baca juga

Sorbet
Sorbet dalam sejarahnya adalah makanan yang dibuat dari salju. Jadi, teksturnya ya seperti serbuk es. Bahan baku sorbet modern sangat sederhana: buah, air, dan gula. Proses pembuatannya sedikit banyak mirip dengan gelato, hanya menghilangkan unsur susu, krim, dan kuning telur.

Biar Nggak Keliru, Ketahui Perbedaan Es Krim, Gelato dan Sorbet!
source: https://www.finedininglovers.com/recipes/dessert/lemon-sorbet-ice/

Sorbet juga terkenal dengan rasa buahnya yang dominan, karena memang terbuat dari buah asli. Seperti contohnya sorbet lemon, teksturnya lembut dan sangat asam, seperti lemon. Tapi kristal air yang membeku tak begitu tajam dan membekas di lidah. Dalam pengembangannya ada banyak lagi makanan serupa sorbet, misalnya granita. Terkadang beda persentase kadungan buah saja bisa mengubah nama.

Cara penyajian es krim, gelato dan sorbet
Es krim biasa kita sajikan dengan berbagai alas, seperti gelas/mangkok, cup khusus es krim ataupun cone es krim. 

Biar Nggak Keliru, Ketahui Perbedaan Es Krim, Gelato dan Sorbet!
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.brilio.net/amp/unik/sering-salah-kaprah-ini-lho-beda-es-krim-gelato-dan-sorbet-1709119.html

Dari perbedaan bahan, cara pembuatan dan tempat penyimpanan itu membuat gelato dan sorbet cenderung lebih cepat cair dan tidak dapat bertahan lama. Hal itu yang membuat gelato dan sorbet selalu disajikan dalam keadaan segar menggunakan mangkok, gelas ataupun piring. Untuk gelato sendiri bisa menggunakan cup, semuanya ini dimaksudkan agar gelato dan sorbet jika cair dan meleleh tidak mengotori tangan atau baju Moms.

Nah, Moms bagaimana ingin mencoba es krim, gelato atau sorbet untuk menemani aktivitas Moms?