Nah, masalahnya meski memasak nasi terlihat sesederhana itu, namun nyatanya nggak semua orang bisa memasak nasi dengan tepat. Kadang terlalu lembek, agak keras, atau malah cepat basi. Nah mulai sekarang coba gunakan tips memasak nasi berikut agar nasi matang sempurna.

Tips memasak nasi cara tradisional

Dari Tradisional Sampai Modern, Ini Tips Memasak Nasi Agar Pulen dan Tak Mudah Basi
source: https://api.dealjava.com

Cara memasak nasi tradisional menggunakan tungku dan panci memang sudah jarang digunakan sekarang. Tapi dengan cara tradisional ini bisa menghasilkan nasi yang pulen dan wangi. Jika memasak dengan cara tradisional ada baiknya rendam beras selama 30 menit lebih dulu.

Setelah dicuci bersih, masukkan dalam panci dan beri air satu ruas jari telunjuk. Gunakan api sedang untuk memasak, moms juga harus sering-sering mengaduk agar tidak berkerak di bagian panci. Proses pengadukan ini dilakukan mulai dari air masih dingin hingga mendidih dan meresap sampai nasi matang.

Tips memasak nasi dengan rice cooker

Dari Tradisional Sampai Modern, Ini Tips Memasak Nasi Agar Pulen dan Tak Mudah Basi
source: https://www.westelm.com

Rice cooker adalah pilihan tepat alat memasak nasi untuk moms yang malas ribet. Saat memasak beras dalam rice cooker ada batas maksimal seberapa banyak beras dimasak. Moms bisa cek pada garis ukur yang ada dalam panci rice cooker. Ini bertujuan agar beras atau air tidak meluap keluar dan beras bisa mengembang dengan sempurna.

Saat memasak beras, rasio atau perbandingan air dan beras sangat penting. Untuk memasak beras putih campurkan satu gelas beras dengan satu setengah gelas air. Sementara beras merah rasionya 2 : 1, 2 gelas untuk air dan 1 gelas untuk beras.

baca juga

Tips memasak nasi dengan rice cooker agar tak kuning

Dari Tradisional Sampai Modern, Ini Tips Memasak Nasi Agar Pulen dan Tak Mudah Basi
source: https://www.epicurious.com

Salah satu kendala masak nasi di rice cooker adalah warnanya cepat menguning dan mudah basi. Supaya moms nggak mengalami hal ini, setelah nasi matang matikan rice cooker lebih dulu dengan mencabut kabel  dari sumber listrik.

Diamkan selama 20 menit, kemudian aduk nasi yang baru saja matang. Setelah itu baru deh nyalakan kembali rice cooker untuk menghangatkan. Selain mencegah nasi jadi kuning, teknik ini juga akan menjaga nasi tetap pulen.

Tips memasak nasi agar tak cepat basi dengan jeruk nipis

Dari Tradisional Sampai Modern, Ini Tips Memasak Nasi Agar Pulen dan Tak Mudah Basi
source: https://www.simplyrecipes.com

Tak hanya bisa menghilangkan rasa amis pada bau ikan, ternyata jeruk nipis juga bisa mencegah nasi yang dimasak dengan rice cooker cepat basi.

Caranya adalah, sebelum moms memasak nasi di rice cooker tambahkan perasan air jeruk nipis. Jika nasi yang dimasak 1 liter maka bisa menambahkan 1/2 buah air perasan jeruk nipis. Moms juga bisa menambahkan 2 hingga 3 helai daun pandan agar nasi jadi lebih wangi.