Namun yang sering jadi kendala pecinta seafood saat memasak kepiting adalah baunya yang amis dan daging alot jika dimasak dengan cara yang tak tepat. Supaya lebih handal mengolah seafood, ini loh moms tips memasak kepiting agar tidak alot dan bau amis.

Pilih kepiting segar

Tips Memasak Kepiting Agar Tidak Bau Amis dan Alot, Intip Yuk, Moms!
source: https://www.mccormick.com

Sebelum memutuskan untuk mengolah kepiting, penting bagi moms memilih kepiting yang segar. Biasanya kepiting yang segar dijual dalam keadaan masih bergerak-gerak. Kepiting segar punya daging yang manis, gurih dengan tekstur yang lembut.

Jika moms terpaksa memilih kepiting yang sudah mati, biasanya kepiting tersebut akan punya bau amis yang menyengat dan kondisi daging sudah mulai menyusut. Rasanya tak lagi gurih dan manis.

Cara menghilangkan bau amis pada kepiting

Tips Memasak Kepiting Agar Tidak Bau Amis dan Alot, Intip Yuk, Moms!
source: https://www.wikihow.com

Tips memasak pertama untuk menghilangkan bau amis adalah dengan menyikat cangkang kepiting menggunakan sikat gigi di bawah air keran yang mengalir. Moms bisa gunakan air keran wastafel di rumah sebagai tempat mencuci kepiting, jangan merendam kepiting dalam baskom ya moms! Karena akan memicu tumbuhnya bakteri dan mempengaruhi rasa dari daging kepiting itu sendiri.

baca juga

Merebus kepiting dengan jahe

Tips Memasak Kepiting Agar Tidak Bau Amis dan Alot, Intip Yuk, Moms!
source: https://www.chowstatic.com

Cara kedua untuk menghilangkan bau amis pada kepiting adalah merebusnya dengan jahe dan bahan rempah-rempah lainnya seperti daun salam, serai, bawang putih, lemon, atau jeruk nipis.

Yang perlu moms lakukan adalah memarkan jahe, serai, dan daun salah kemudian masukkan dalam air rebusan. Atau bisa juga dengan mencincang halus jahe dan diletakkan di atas badan kepiting saat proses merebus.

Lama waktu merebus kepiting agar tak alot

Tips Memasak Kepiting Agar Tidak Bau Amis dan Alot, Intip Yuk, Moms!
source: https://www.tasteofhome.com

Terakhir, agar daging kepiting tetap empuk dan tidak alot moms harus memperhatikan waktu merebusnya. Setidaknya rebus kepiting antara 15 sampai 20 menit atau sampai warna cangkang kepiting berubah jadi orange. Jangan sampai lebih lama dari waktu tersebut ya moms, karena daging kepiting bisa alot dan rasa manisnya menghilang.

Setelah proses menghilangkan rasa amis ini selesai moms bisa mengolah kepiting dengan berbagai resp. Selamat mencoba ya!