Puasa Ramadan untuk Anak


Moms sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadan 2019, apa saja nih yang sudah moms persiapkan untuk menjalani bulan suci tersebut? Meski puasa tidak wajib untuk si kecil, namun ada baiknya moms mengajarkan si kecil cara niat puasa yang benar sejak dini. Dengan belajar puasa sejak dini, anak akan mulai terbiasa dan memahami arti puasa dan mendekatkan diri dengan Tuhan.

Moms, ajari si kecil tentang tata cara menjalankan puasa yang benar sejak kecil agar saat besar nanti si kecil dapat memahami dan mengerti cara menjalankan puasa yang benar. Bulan Ramadan merupakan moment yang tepat untuk mendidik anak disiplin dan belajar akhlak sejak dini.

Namun ketika melatih anak belajar puasa moms perlu mempertimbangkan kondisi fisik mereka, apalagi jika ini adalah pertama kalinya. Moms dapat melihat perkembangan anak selama beberapa hari apabila dirasa tidak lemah dan mengalami kendala lainnya anak dapat menjalankan puasa Ramadan secara penuh.

Puasa Ramadan untuk Anak
source: https://id.pinterest.com


 

Cara Mengajar Anak Belajar Puasa


Moms puasa anak dengan puasa orang dewasa tentunya berbeda ya, mengingat kondisi fisik mereka yang masih rentan apalagi jika baru menjalan puasa untuk pertama kalinya. Ada istilah puasa Dhuhur atau puasa hingga jam 12 siang. Secara biologis biasanya lewat tengah hari anak merasa lemas jadi biarkan mereka berbuka, namun jika dirasa anak masih kuat biarkan mereka berbuka hingga adzan Maghrib.

Pertama kalinya menjalankan puasa biasanya tubuh akan memerlukan waktu untuk melakukan penyesuaian. Biasanya anak akan merasa lemas dan mulai mengantuk, jadi biarkan si kecil untuk istirahat. Nah, agar si kecil semakin dibekali dan melakukan kegiatan yang lebih bermakna ada baiknya moms mengajak dia untuk belajar mengaji bersama di masjid. Agar anak semakin semangat lagi berikan sedikit hadiah untuknya apabila dia sudah berhasil menjalani puasa.
 

Cara Mengajar Anak Belajar Puasa
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Cara mengajar Anak Doa Niat Sahur


Moms, ketika mengajak anak untuk berpuasa jangan lupa untuk mengajarkan bacaan niat puasa ya. Adapun bacaan niat puasa dibagi menjadi dua jenis yaitu bacaan niat puasa satu bulan penuh yang dibaca ketika awal Ramadan dan bacaan niat puasa harian yang dibaca dari setelah isya hingga fajar pada puasa hari itu.

Bacaan Niat Puasa Satu Bulan Penuh
                                                                                                            نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرٍ رَمَضَانَ كُلِّهِ للهِ تَعَالَى
"Nawaitu shauma syahri ramadhaana kullihi lillahi ta’ala"
"
Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan tahun ini karena Allah ta’ala."

Bacaan Niat Puasa Hari Esok
                                                                              نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءٍ فَرْضِ شَهْرٍ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ للهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma gadin an adaai fardhi syahrin ramadhanaa hadzihi sanati lillahi ta’la"
"Aku berniat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadan tahun ini karena Allah ta’ala"

Sebelum menjalankan puasa Ramadan ada baiknya moms mengajarkan doa niat puasa untuk anak mulai dari bahasa arabnya hingga maknanya. Selain itu usahakan anak agar dapat menghafal doa niat puasa.

Cara mengajar Anak Doa Niat Sahur
source: https://id.pinterest.com


 

Cara Mengajak Anak Makan Sahur


Moms mengajak anak makan sahur terkadang gampang dan susah mengingat anak harus bangun pagi petang dan sebagian anak susah untuk bangun. Selain itu terkadang ada beberapa anak tidak bergairah makan karena bukan jam makannya. Maka dari itu diperlukan melatih anak untuk puasa sejak dini agar anak mulai terbiasa. 

Berikut ini beberapa cara agar anak makan sahur dengan baik.

  1. Memilih menu kesukaan anak
  2. Tidur lebih awal agar bisa bangun waktu subuh
  3. Memberikan kenyamanan untuk anak agar anak tidak merasa tertekan dan tidak mengantuk waktu sahur dengan memberikan beberapa hal seperti minuman hangat, berwudhu agar tidak mengantuk, dan sebagainya
  4. Buatlah suasana sahur jadi ramai agar tidak sepi seperti memberikan kesempatan anak untuk menyalakan TV atau mendengarkan lagu tentang Ramadan atau memberikan mainan untuk anak.
Cara Mengajak Anak Makan Sahur
source: https://id.pinterest.com

Sebelum memasuki bulan suci Ramadan ada banyak persiapan yang harus disiapkan agar puasa yang dijalankan dapat berjalan lancar apalagi jika anak baru pertama kali akan melakukan puasa. Moms perlu membimbing dan mengajari anak tentang cara puasa dan doa puasa yang benar untuknya. Nah, beberapa informasi di atas semoga bermanfaat untuk moms dan keluarga.