Manfaat teh daun kelor untuk kesehatan tak lepas dari kandungan nutrisi yang dimiliki. Sejak 1980 banyak yang sudah melakukan penelitian daun kelor. Kandungan daun kelor antara lain potasium, protein, kalsium, vitamin C dan A lebih besat dari buah lain. 

Menurut dosen Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Yosi Bayu Murti, salah satu manfaat daun kelor yaitu untuk membantu menghasilkan ASI lebih banyak karena kandungan folat yang tinggi. Selain itu tingginya vitamin A pada teh kelor bisa menyehatkan mata kandungan. 

Kaya Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi Teh Daun Kelor, Moms

Manfaat daun kelor juga mengatasi rematik, pegal linu, nyeri, serta mampu mencegah kerusakan jantung, obat anti-inflamasi, anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan.

Ekstra daun kelor berdasar Jurnal “Food and Chemical Toxicology” edisi Juni 2011 dipercaya mampu membunuh sel kanker, mengurangi kadar gula dalam darah, mencegah atau mengobati sakit maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, infeksi, mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis. Hmm... melihat banyaknya manfaat pasti jadi semangat konsumsi ya Moms.

Kaya Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi Teh Daun Kelor, Moms

Manfaat Teh Daun Kelor Untuk Diet

Manfaat teh daun kelor untuk diet berkaitan dengan khasiatnya yang mampu menangani masalah pencernaan. Moms, pencernaan yang baik mampu menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya, kan? Jadi pencernaan yang baik akan membantu proses diet.

Selanjutnya, kandungan polyphenol pada teh daun kelor akan bekerja sebagai antioksidan untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori. Antioksidan untuk membantu mendetoksifikasi racun di dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga berat badan kian terjaga.

baca juga

Manfaat Teh Daun Kelor Untuk Program Hamil

Manfaat teh daun kelor untuk program hamil, salah satunya diungkap dalam penelitian dari J Zhejiang Univ Sci, yang dipublikasikan pada Maret 2015 pada situs National Library of Medicine (NCBI), penggunaan ekstrak daun kelor disimpulkan dapat membuat meningkatkan daya seksual seseorang yang diakibatkan oleh stres. Teh kelor sangat baik dalam meningkatkan gairah seksual, memperkuat ereksi, kualitas serta jumlah sperma, karena kandungan vitamin C dan D yang cukup tinggi.

Selain itu banyaknya mineral seng, zat besi, kalsiumnya juga memiliki fungsi untuk meningkatkan ereksi dan membentuk testosterone jadi akan mempermudah program hamil, Moms.

Kaya Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi Teh Daun Kelor, Moms

Cara Mengonsumsi Teh Daun Kelor

Cara mengonsumsi teh daun kelor cukup dengan mengeringkannya di bawah terik matahari. Tunggu hingga benar-benar kering lalu tumbuk halus menjadi bubuk. Letakkan bubuk kelor ke dalam botol kering steril. Siapkan air panas mendidih kurang lebih 150-200 ml. Campur bubuk kelor secukupnya. Kemudian diamkan kurang lebih 10-15 menit dan selanjutnya saring ampas dari air. Teh daun kelor siap dinikmati dengan sedikit gula, Moms. Namun untuk lebih praktis Moms bisa membeli teh daun kelor dalam kemasan yang tinggal seduh. Selamat mencoba ya Moms.