Bercerita Makna Puasa


Anak belajar puasa itu memang tidak mudah, Moms. Karena si kecil sudah terbiasa dengan pola makan sehari-hari, mulai dari makan pagi hingga makan malam. Untuk langkah awal pengenalan agar puasa pertama mereka dirasa lebih mudah, Moms bisa mengenalkannya dalam bentuk cerita. Bisa cerita tentang pengalaman Moms dan Dads ketika awal puasa. Jadi si kecil akan merasa memiliki pengalaman yang sama dengan orangtuanya.

Bercerita Makna Puasa
source: https://www.beritasatu.com/


 

Tawarkan Belajar Puasa


Jika Moms sudah menceritakan tentang makna puasa Ramadan, langkah kedua Moms bisa menawarkan pada si kecil untuk belajar puasa. Tentu dengan memberi tahu jam buka puasa anak, yaitu tengah hari ketika Dhuhur, kemudian dilanjutkan hingga Magrib.

Tawarkan Belajar Puasa
source: https://www.islampos.com/


 

baca juga

Ciptakan Suasana Puasa yang Menyenangkan


Ketika sudah mulai memasuki Bulan Ramadan, Moms bisa membantu si kecil menyelesaikan puasanya dengan menciptakan suasana puasa yang lebih menyenangkan. Misalnya, ajak anak membuat makanan kesukaannya, lakukan dengan penuh suka cita. Maka energi positif yang Moms keluarkan akan tertular pada anak, dan suasana puasa pun akan lebih menyenangkan.

Atau Moms juga bisa melakukan aktivitas seru di sore hari bersama anak. Selain suasana puasa akan lebih menyenangkan, kegiatan ini akan membuat waktu puasa si kecil menjadi lebih cepat.

Ciptakan Suasana Puasa yang Menyenangkan
source: https://kumparan.com/


 

Menu Buka Favorit


Agar si kecil lebih semangat di hari puasa pertamanya, Moms bisa membuatkan makanan kesukaannya untuk berbuka puasa. Dengan cara ini, anak belajar puasa pasti akan gembira.

Menu Buka Favorit
source: https://hellosehat.com/


 

baca juga

Beri Pujian


Langkah terakhir, jika si kecil berhasil menyelesaikan puasa pertamanya, jangan lupa untuk mengapresiasi pencapaiannya ya, Moms. Berikan pujian bahwa si kecil adalah anak yang hebat. Dengan begitu, si kecil akan merasa perjuangannya untuk berpuasa tidak sia-sia dan sudah membuat bangga orangtuanya.

Beri Pujian
source: http://www.erabaru.net/

Nah Moms, itu tadi beberapa tips mengenalkan tata cara puasa Ramadan kepada anak. Selamat mencoba ya, Moms. Semoga berhasil.