Ternyata kurang tidur di malam hari saat hamil dapat mengganggu sistem kekebalan wanita, dan akibat ibu hamil kurang istirahat adalah melahirkan bayi dengan berat badan kurang dan konsekuensi lainnya. Agar terhindar dari hal tersebut, yuk Moms simak pentingnya tidur selama masa kehamilan.

Kebutuhan tidur ibu hamil harus benar-benar diperhatikan ya, Moms. Karena ibu hamil kurang istirahat akan mengakibatkan bayi lahir dengan bobot kurang dari 2,5 kg. Karena bayi dengan berat badan lahir rendah memiliki sejumlah risiko seperti diabetes, hipertensi dan gangguan pernapasan ketika usia anak-anak. 

Tahukah, Moms? Ketika ibu hamil kurang tidur, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon sitokin yang menghambat kekebalan tubuh. Pada ibu yang tengah mengandung, molekul protein juga akan mengganggu arteri spinal yang memasok plasenta, dan menyebabkan penyakit kardiovaskular, depresi dan kelahiran prematur.
 

Jam Tidur Ibu Hamil

Untuk menjaga agar ibu dan bayi tetap sehat, maka Moms harus tahu kapan ibu hamil harus istirahat. Pada malam hari, Moms setidaknya tidur 8 jam seperti biasanya. Namun itu belum cukup Moms, untuk ibu hamil pada siang hari juga sebaiknya beristirahat karena tidur siang paling tidak 1 hingga 3 jam pada siang hari akan mengembalikan stamina setelah seharian beraktivitas. Selain itu, tidur siang juga bermanfaat untuk memperbaiki mood, mengurangi rasa lelah, serta meningkatkan kinerja.

Jam Tidur Ibu Hamil
source: http://www.tribunnews.com/


 

baca juga

Posisi Tidur Ibu Hamil


Selain jam tidur ibu hamil, hal lain yang Moms perhatikan adalah posisi tidur ibu hamil. Ada beberapa posisi yang disarankan untuk ibu hamil. Apa saja?

  • Posisi Miring, tidur dengan posisi miring tidak akan menekan bagian hati dan sirkulias darah menuju jantung, ginjal, rahim, dan janin akan semakin lancar. Moms juga bisa mengurangi rasa pegal dengan mengganjal bagian tertentu saat tidur dengan tidur posisi miring.
Posisi Tidur Ibu Hamil
source: https://www.alodokter.com/
  • Hindari Tidur Posisi Terlentang, mengapa tidak boleh? karena tidur dengan posisi terlentang akan menghambat peredaran darah ke tubuh, sehingga dapat mengakibatkan pembekakan pada pembuluh balik besar bawah karena tertekan ketika tidur terlentang.

Nah, ternyata penting kan Moms tidur yang cukup untuk ibu hamil. Intinya jangan terlalu capek ya, Moms. Perbanyak istirahat agar mood selalu bagus. Happy Pregancy, Moms.