Hari Bumi sendiri pertama kali diadalah pada tahun 1970, dan sekarang sudah ada lebih dari 193 negara yang secara serentak ikut serta dalam kegiatan Earth Day Network. Di sisi lain, kita sebagai bagian dari penduduk bumi juga dapat berpartisipasi dalam momen spesial ini. Berikut ini adalah beberapa hal kecil yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Bumi.

Hari Bumi Internasional

5 Hal Kecil yang Bisa Kita Lakukan untuk Merayakan Hari Bumi
source: https://www.alreporter.com/


Hari Bumi Internasional merupakan momen besar bagi seluruh masyarakat di seluruh dunia. Peringatan yang sudah dilakukan sejak tahun 1970 ini memang dirancang untuk memicu dan meningkatkan kesadaran serta apresiasi terhadap bumi, planet yang kita tinggali selama ini. Tanpa disadari, kehidupan manusia dengan bergembangnya kemajuan zaman memberikan banyak dampak serius bagi lingkungan hidup. Tercemarnya lingkungan, rusaknya alam, dan beragam ancaman kepunahan menjadi masalah besar bagi kelangsungan hidup manusia kedepannya. Itulah sebabnya, penting bagi seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam Hari Bumi 22 April ini. 
 


Peringatan Hari Bumi Sedunia 2019
 

5 Hal Kecil yang Bisa Kita Lakukan untuk Merayakan Hari Bumi
source: https://sustainablelivingassociation.org/


Seperti tahun-tahun sebelumnya, tanggal 22 April 2019 tahun ini juga diramaikan dengan perayaan hari bumi. Dalam hal ini, kita tidak hanya membahas bumi secara global, tetapi juga beragam masalah-masalah spesifik yang dialami alam sekitar. Salah satunya adalah kondisi spesies, baik itu hewan dan tumbuhan, yang hidup di bumi dan mulai terancam keberadaannya karena ulah tingkah manusia.
 

baca juga


Tema Hari Bumi 2019
 

5 Hal Kecil yang Bisa Kita Lakukan untuk Merayakan Hari Bumi
source: https://greenglobaltravel.com/


"Protect Our Species," menjadi tema yang dikampanyekan pada hari Bumi tahun ini. Tema ini dipilih untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap keberadaan penghuni bumi lain selain manusia.

Kasus kelangkaan hingga kepunahan, baik itu hewan ataupun tumbuhan, terjadi akibat beragam aktivitas manusia yang berdampak langsung pada perubahan iklim, deforestasi, hilangnya habitat, perdagangan dan perburuan, pertanian yang tidak berkelanjutan, meningkatknya polusi dan penggunaan pestisida. 
 


Cara Merayakan Hari Bumi
 

5 Hal Kecil yang Bisa Kita Lakukan untuk Merayakan Hari Bumi
source: https://www.rd.com/


Ada banyak cara untuk ikut serta dalam perayaan hari Bumi. Mommy dapat mengajak si kecil untuk berpartisipasi dengan melakukan beberapa hal kecil yang berdampak besar bagi keselamatan dan keberlangsungan alam semesta. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Menanam tanaman di halaman rumah. Ini dapat dilakukan sebagai bagian dari penghijauan kembali area hijau bumi yang sudah mulai botak akibat pembangunan besar-besaran.
  2. Gunakan transportasi umum. Ajak anak-anak dan keluarga untuk berpartisipasi dengan tidak menggunakan transportasi pribadi dalam kurun waktu tertentu. Mommy juga bisa membiasakan anak untuk menggunakan sepeda untuk perjalanan dekat.
  3. Gunakan reusable bag untuk berbelanja. Kurangi penggunaan kantong plastik untuk membawa barang belanjaan. Sebaliknya, gunakanlah tote bag khusus untuk berbelanja sehingga Mommy mengurangi pasokan sampah ke bumi.
  4. Selalu bawa botol minum sendiri. Hindari membeli air minum kemasan yang berperan dalam menyumbang sampah.
  5. Hemat dalam menggunakan listrik. Pastikan untuk selalu mematikan lampu dan beragam alat-alat elektronik lain saat tidak digunakan. Hindari menyalakan pendingin ruangan seharian dan matikan televisi saat tidak dipakai.
baca juga
youtube:J3PqaeE8RVo
source: https://www.youtube.com/watch?v=J3PqaeE8RVo
Earth Day 1970 - 2019: No Time To Waste


Itulah beberapa cara yang bisa Mommy lakukan untuk dapat merayakan hari Bumi. Meskipun terkesan sederhana, tetapi jika dilakukan dengan konsisten, akan ada perubahan besar yang dirasakan khususnya untuk anak cucu di masa depan. Selamat merayakan hari Bumi dan mari jaga lingkungan kita mulai dari diri sendiri, sekarang!