Tak lupa, puasa menjadi ibadah wajib yang dilakukan Muslim di bulan ini. Bagi Moms yang memiliki buah hati, mungkin bulan Ramadan ini akan menjadi puasa pertamanya. Seperti apa ya mengajarkan puasa pada si anak? Baca di sini ya !

Pada dasarnya ibadah puasa wajib bagi umat Muslim yang sudah dewasa (akil baligh), dalam keadaan sehat dan waras, juga tidak dalam perjalanan jauh. Untuk si kecil yang belum baligh, hukum puasanya tidak wajib.

Namun tidak ada salahnya mengajarkan puasa sedari dini, agar besok saat dewasa, semakin lancar dan sempurna ibadah puasanya. Apakah puasa Ramadan 2019 ini menjadi puasa pertama anak? Simak tips mengajarkan puasa di bawah ini,
Ramadan Pertama Si Kecil, Yuk Ajarkan Doa Buka Puasa
source: http://tongkronganislami.net


 

Ajarkan makna puasa


Sebelum melaksanakan puasa pertama anak, Moms perlu mengajarkan apa makna puasa dan mengapa sebagai umat Muslim, wajib hukumnya berpuasa. Di sekolah mungkin si kecil juga mendapatkan pelajaran agama ini, namun tak ada salahnya Moms mengulang lagi apa yang diajarkan di sekolah dengan kata-kata Moms sendiri. Apa saja yang harus dilakukan saat puasa, yang tidak boleh dilakukan saat puasa dan waktu berpuasa.
Ajarkan makna puasa
source: http://soundvision.com


 

baca juga

Beri contoh


Setelah Moms mengajarkan makna puasa, tidak serta merta anak tertarik untuk puasa. Jangan paksakan anak langsung berpuasa dahulu. Biasanya anak akan melihat contohnya terlebih dahulu. Dalam konteks ini, si anak akan melihat bagaimana Moms dan Ayah berpuasa.

Ajak si kecil untuk bangun sahur, ikut beribadah dan buka puasa, walau si kecil belum mau puasa. Karena di Indonesia, mayoritas pemeluk agama Islam, kemungkinan besar, di sekolah pun, si anak diajarkan berpuasa. Lama kelamaan, si anak akan tertarik berpuasa.
Beri contoh
source: http://skata.info


 

Mulai berpuasa


Ketika anak belajar puasa, jangan langsung paksakan puasa sehari penuh. Karena belum terbiasa dan masih butuh asupan gizi, anak belum kuat untuk berpuasa sehari penuh. Mulailah dengan sahur lalu berpuasa hingga adzan Dzuhur atau yang dikenal "puasa Dzuhur" atau "puasa bedug".

Lalu bila si anak sudah terbiasa berpuasa, si anak bisa berbuka di waktu Ashar dan bila sudah kuat, bisa dilanjut sampe waktu buka puasa tiba. Jam buka puasa anak bisa berbeda-beda setiap harinya, karena melihat aktivitas sehari-harinya, bila tidak kuat, biarkan si kecil berbuka puasa terlebih dahulu.
Mulai berpuasa
source: http://hellosehat.com


 

baca juga

Ajak beraktivitas yang ringan


Saat menjalani puasa bukan berarti boleh tiduran sepanjang hari. Walaupun tidur juga termasuk ibadah, tapi tidak baik bila waktu puasa hanya digunakan untuk tidur. Ajak si kecil untuk sholat di masjid, ikut pengajian anak-anak dan buka puasa bersama. Bacakan kisah-kisah nabi dan tauladannya di waktu kosong. Atau ajak anak mengisi buku Ramadan yang diberikan dari sekolah. Saat sahur dan buka puasa, ajak si kecil untuk bantu menyiapkan hidangan untuk disantap.
Ajak beraktivitas yang ringan
source: http://istockphoto.com


 

Beri hadiah untuk si kecil


Anak-anak akan merasa senang bila usahanya berhasil, sama halnya dengan berpuasa. Si kecil akan merasa hebat bila bisa berpuasa. Berikan hadiah untuk si kecil sebagai penghargaan. Tidak perlu barang. Bisa berupa makanan atau hidangan yang diinginkan untuk buka puasa atau sahur. Hal itu akan menambah semangat si kecil untuk terus berpuasa esok harinya. Saat lebaran tiba, Moms bisa memberikan hadiah untuk anak karena mampu berpuasa pada bulan Ramadan 2019 ini
Beri hadiah untuk si kecil
source: http://prosehat.com


 

Ingatkan untuk beribadah


Saat bulan Ramadan, saatnya umat Muslim untuk meningkatkan ibadah. Jangan lupakan sholat lima waktu dan sebisa mungkin mengikuti taraweh di masjid terdekat. Saat akan berpuasa jangan lupakan niat berpuasa yaitu,
 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى
NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA
Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Dan saat berbuka puasa, doa buka puasa,

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin
Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Nah itu dia Moms, tips mengajarkan anak berpuasa. Jangan dipaksa ya, Moms! Ajarkan secara perlahan dan beri pengertian untuk si kecil. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Moms!