Memasak Cumi

Seafood seringkali menjadi pilihan untuk disajikan di rumah. Salah satu yang banyak diminati adalah ikan cumi. Konon menurut beberapa ahli, cumi memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Cumi ini menjadi menu favorit ketika makan di luar. Nah, selain untuk menghemat pengeluaran, alangkah baiknya moms memasak cumi di rumah bukan? 

Memasak Cumi

Memasak ikan cumi memang tergolong susah-susah gampang. Pasalnya moms harus bisa menemukan cara untuk menjaga kekenyalannya dengan tanpa menyisakan bau amis agar enak di lidah. Tentu dengan diramu bersama bumbu-bumbu dapur yang sedap. Nah, yuk moms simak baik-baik cara memasak cumi yang enak dan menggoyangkan lidah! 

Cara Memasak Cumi agar Tak Alot Dan Bau Amis

Banyak sekali cara untuk memasak seafood ikan cumi. Nah, sebelum memasaknya moms harus pastikan bahwa cumi yang akan dimasak tidak alot dan tanpa bau amis ya. Karena kedua hal tersebut sangat rentan terjadi ketika memasak ikan cumi.  

Sebenarnya bau amis dari cumi bisa dihilangkan dengan mudah. Yaitu dengan parutan jahe, air jeruk nipis atau asam jawa. Mulanya bersihkan cumi dengan air bersih, kemudian lumuri cumi dengan bahan yang dipilih dari ketiga itu, dan diamkan sebentar lalu cuci kmbali dengan air bersih.  Konon mendiamkannya tidak boleh terlalu lama agar cumi tidak kehilangan aroma aslinya.

Cara Memasak Cumi agar Tak Alot Dan Bau Amis

Tips kedua yaitu dengan menggunakan air jeruk nipis dan susu tawar. Caranya pun mudah. Moms hanya perlu merendam air dengan campuran kedua bahan tersebut dan diamkan selama setengah jam. Kelebihan dari tips kedua ini selain untuk menghilangkan bau amis adalah dapat menjadikan cumi lebih empuk moms.  

baca juga

Lama Waktu Memasak Cumi

Moms,  Ternyata salah satu penyebab alotnya cumi adalah karena terlalu lama dimasak. Jadi ketika moms menginginkan cumi yang kenyal dan empuk,  moms harus memperhatikan waktu memaskan agar tidak terlalu lama.  Karena jika cumi berada dalam masakan terlalu lama, kandungan protein yang tinggi padanya akan akan menyebabkan cumi tersebut menjadi alot dan tidak empuk. 

Lama Waktu Memasak Cumi

Lamanya waktu memasak cumi juga ditentukan dengan jenis masakannya moms. Lama waktu masak cumi yang paling ideal adalah 3 menit dengan api yang besar. Jika lebih dari itu, maka cumi akan rawan alot. Setelah merebus cumi, moms harus langsung memasukan daging cumi ke dalam air dingin. Hal ini bertujuan untuk membuat daging cumi tetap empuk dan tidak alot.

Masakan Sup

Berbeda menu berbeda pula cara mengolah daging cumi tersebut. Jika moms ingin memasak cumi dengan sup. Maka cara yang paling aman adalah memisahkan daging cumi dengan bahan pembuatan sup.  Hal ini dilakukan agar daging cumi tidak dimasak terlalu lama. Biasanya untuk membuat sup,  cumi tersebut dipotong berbentuk cincin.

Masakan Sup

Caranya cukup mudah moms, pertama moms harus menumis bumbu sup terlebih dahulu hingga matang,  kemudian masukkan air beserta bahan-bahan sup ke dalamnya.  Tunggu sekitar 1-3 menit,  setelah mendidih selaniutnya masukkan daging cumi yang sudah disiapkan dan tunggu hingga mendidih lagi dan angkat.  Maka sup cumi sudah matang dan siap dihidangkan. 

baca juga

Masakan Tumis

Hampir sama dengan pembuatan sup, cumi untuk ditumis harus dipisah dengan bahan yang ditumis. Mulanya moms harus menumis dulu bumbu tumis kemudian jika sudah matang, masukkan cumi dengan api besar. Tumis cumi dengan bumbu agar meresap dan merata. Jika sudah merata matikan kompor. Selanjutnya tumis cumi siap untuk dihidangkan. 

Masakan Tumis

Campuran Salad

Jika moms ingin membuat daging cumi sebagai campuran salad, biasanya daging cumi diiris kotak-kotak kecil. Caranya pun mudah moms. Moms hanya perlu merebus cumi dengan api yang besar selama satu menit. Setelah itu langsung masukkan cumi ke dalam air dingin. Tentunya agar tetap terjaga kekenyalan dari daging cumi itu sendiri. 

Campuran Salad

Namun jika moms ingin memasak lebih lama, moms bisa menggunakan api kecil ketika memasaknya dengan durasi 30 menit. Tetapi moms akan kehilngan kelezatan dan kekenyalan daging cumi tersebut. 

Selamat mencoba moms!