Asal Usul Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng Kalasan merupakan salah satu olahan ayam khas dari daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Jadi tak heran ya jika namanya pun demikian, Moms. Memiliki rasa yang khas dan berbeda dari ayam goreng lain, ayam goreng kalasan menjadi menu yang disukai oleh masyarakat lokal bahkan para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Terkenalnya ayam goreng kalasan tak lepas dari tangan dingin Mbok Berek lewat warung makan kecil miliknya di daerah Desa Tirtomartani, Kecamatan Sleman, Yogyakarta sejak tahun sekitar 1950-an, Moms. Jadilah, nama ayam goreng kalasan seperti yang kita kenal sekarang.

Tidak hanya di Jogja, ayam goreng kalasan pun dengan mudanya ditemukan di daerah-daerah di Indonesia. Ayam goreng kalasan biasanya hadir juga dengan tambahan kremes yang krispi dan gurih, namun itu sesuai selera. Serta tak lupa dengan tambahan sambal ayam goreng kalasan dan lalapan segar seperti timun, kol dan kemangi yang akan menambah kenikmatan rasa masakan tradisional Indonesia ini. Selain ayam goreng, ada juga ayam bakar kalasan yang tidak kalah lezat, Moms.

Lezat dan Gurih, Coba Buat Sendiri Ayam Goreng Kalasan dengan Resep Ini, Moms!

Bumbu Ayam Goreng Kalasan
​​​​​​

Bumbu untuk membuat ayam goreng kalasan sebenarnya tidak terlalu sulit, bumbu utama yang perlu disiapkan pun tak jauh beda dengan bumbu-bumbu yang biasa Moms gunakan untuk memasak seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, daun salam, serai, lengkuas, kunyit hingga gula merah. Namun yang membedakannya ialah penggunaan santan kelapa atau air kelapa untuk merebus ayam sebelum digoreng atau yang biasa kita kenal dengan “ungkep” agar daging ayam empuk dan bumbu meresap sempurna, Moms.

Lezat dan Gurih, Coba Buat Sendiri Ayam Goreng Kalasan dengan Resep Ini, Moms!
baca juga

Cara Memasak Ayam Goreng Kalasan
​​​​​​

Yang membuat ayam goreng kalasan istimewa ialah santan kelapa atau air kelapa yang memberikan cita rasa gurih dan empuk pada ayam. Sama seperti memasak ayam goreng pada umumnya, Moms perlu menyiapkan bumbu halus yang akan dicampurkan dengan santan atau air kelapa dan gula merah untuk mengungkep ayam kampung hingga air surut dan daging ayam menjadi lebih lunak.

Beberapa resep ayam goreng kalasan juga menambahkan soda kue ke dalam bumbu “ungkep” ayam. Kemudian, setelah diungkep, goreng ayam hingga matang dan kecoklatan dan bila perlu tambahkan kremes yang menjadi ciri khas ayam goreng kalasan yang terbuat dari tepung kanji. Namun, tanpa kremes pun ayam goreng kalasan tetap lezat kok, Moms.

Lezat dan Gurih, Coba Buat Sendiri Ayam Goreng Kalasan dengan Resep Ini, Moms!

Resep Ayam Goreng Kalasan
​​​​​​

Bahan-Bahan:

  • 1 ¼ ekor ayam kampung atau pejantan
  • 4 lengkuas seukuran ibu jari yang sudah digeprek
  • 8 siung bawang putih yang digeprek
  • 3 sdm gula merah yang sudah disisir halus
  • 5 lembar daun salam
  • 2 batang sereh
  • 1 ½ liter air kelapa
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada secukupnya
Cara Membuat:
  1. Tumis lengkuas, bawang putih, sereh, dan daun salam hingga harum.
  2. Masukkan ayam ke dalam bumbu yang telah ditumis, lalu berikan gula merah, air kelapa dan berikan bumbu seperti garam, gula dan lada.
  3. Masak ayam hingga setengah jam sampai airnya menyusut dan bumbu meresap, lalu angkat dan tiriskan.
  4. Goreng ayam hingga berwarna kecokelatan. Angkat jika sudah matang.
  5. Ayam goreng Kalasan telah siap disajikan bersama nasi hangat dan sambal serta lalapan.
Lezat dan Gurih, Coba Buat Sendiri Ayam Goreng Kalasan dengan Resep Ini, Moms!