Kondisi fisik ibu hamil berbeda dengan ibu yang tidak hamil. Fisik ibu hamil cenderung lebih mudah lelah dan lesu. Tapi, kondisi badan ibu hamil harus tetap dijaga agar janin selalu sehat. Selain memperhatikan asupan gizi yang masuk dan tidak terlalu berat beraktivitas, kebutuhan tidur pada ibu hamil juga harus disesuaikan.

Umumnya, ibu hamil tidur lebih banyak dibanding normal. Bahkan, yang sebelumnya tidak terbiasa tidur siang, ibu hamil tidur siang lebih sering sekitar 1-3 jam lamanya.
Tips dan Trik Jitu Agar Kebutuhan Tidur Ibu Hamil Terpenuhi, Mommy Harus Tahu!
source: http://vebma.com


 

Bagaimana dengan jam tidur ibu hamil ? Sebisa mungkin ibu hamil tidur 8 jam. Namun saat memasuki trisemester 3, jam tidur ibu hamil agak sedikit terganggu. Hal ini dikarenakan perut semakin membesar dan menjadi sulit dalam mencari posisi tidur yang enak dan nyaman.

Kebutuhan tidur ibu hamil trisemester 3 harus memenuhi 8 jam dan tambahan 1-2 jam tidur siang bila beraktivitas berat di pagi-siang hari. Lalu bagaimana dengan posisi tidur ibu hamil yang pas dan tips agar kualitas tidur meningkat? Simak ya !
Tips dan Trik Jitu Agar Kebutuhan Tidur Ibu Hamil Terpenuhi, Mommy Harus Tahu!
source: http://josstoday.com


 

baca juga

Posisi Tidur Ibu Hamil


Dilansir dari alodokter, berikut adalah posisi tidur ibu hamil yang baik:

1. Hindari posisi terlentang
Pada trimester kedua dan ketiga, ibu hamil tidak dianjurkan tidur dalam posisi terlentang karena tekanan darah pada pembuluh darah besar dapat tersumbat dan masuk janin.

2. Berbaring menyamping ke kiri
Ibu hamil tidur dalam posisi menyamping ke kiri baik bagi kesehatan karena memperlancar sirkulasi darah yang menuju jantung maupun ke janin.

3. Gunakan bantal
Bantal dapat membuat posisi tidur semakin nyaman, bila ibu hamil merasa sesak, bisa letakkan bantal di bawah tubuh untuk menaikkan dada.
Posisi Tidur Ibu Hamil
source: http://klikdokter.com


 

Tips Tidur untuk Ibu Hamil


Ada kalanya ibu hamil merasa cemas akan kehamilannya terutama mendekati HPL, pun ketika susah tidur atau insomnia melanda. Berikut adalah tips tidur untuk ibu hamil.

1. Buatlah rutinitas tidur di waktu yang sama
Tips tidur ibu hamil muda yang pertama adalah buat rutinitas tidur dan bangun di waktu yang sama. Hal ini akan menjadi kebiasaan dan ibu hamil akan mengantuk bila sudah mendekati jam tidur.

2. Hindari minum kafein seperti teh, kopi dan minuman alkohol

3. Lakukan relaksasi
Relaksasi bisa dilakukan dengan membuat susu atau coklat hangat, atau memutar lagu pengantar tidur. Bisa juga membaca buku. Tips tidur ibu hamil 7 bulan ini ampuh dalam mengatasi insomnia.

4. Rajin beraktivitas atau senam hamil
Salah satu manfaat senam hamil adalah mendapati tidur lebih nyenyak. Walaupun badan terasa berat, tidak ada alasan untuk tidak beraktivitas maupun berolahraga.
Tips Tidur untuk Ibu Hamil
source: http://anmum.com
Nah itu dia Moms, tips dan posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil. Pastikan sesuai dengan rutinitas Moms ya. Apabila masih kesulitan tidur, jangan ragu untuk konsultasikan dengan dokter kandungan ya!