Tips Memilih Ayam

Ketika Moms ingin berbelanja ayam di pasar atau di supermarket, baiknya perhatikan hal-hal berikut ini agar Moms bisa mendapatkan ayam yang segar, bebas dari bahan pengawet seperti formalin. Selain itu, ayam yang baik haruslah hasil sembelih, bukan mati sebab tak wajar atau penyakit.

  1. Ayam yang bagus memiliki warna putih dengan semburat merah muda. Hindari ayam yang berwarna pucat hingga kebiruan. Hindari pula ayam yang warnanya mengilap karena bisa jadi diberi formalin.
  2.  Ayam yang segar tidak menimbulkan bau yang menyengat.
  3. Hindari ayam yang memiliki banyak darah, karena kondisi ayam tersebut memiliki beberapa indikasi, di antaranya: telah banyak disentuh oleh berbagai tangan, sehingga bakteri semakin banyak. Atau juga bisa berarti telah dibekukan atau dicairkan beberapa kali.
  4. Teksturnya empuk, apabila ditekan, bentuknya akan kembali seperti semula. Hindari kulit ayam yang cenderung keras, itu artinya ayam tidak lagi segar dan tentu saja tidak baik dikonsumsi. Apabila terasa kenyal, maka ayam tersebut dipastikan mengandung formalin, dan ayam yang terlihat membengkak juga dapat dipastikan telah disuntik agar lebih berat daripada ukuran aslinya.
  5. Jika Moms membeli ayam di supermarket, perhatikan plastiknya. Kalau tidak lagi rapat, itu artinya telah disentuh oleh banyak orang dan sudah cukup lama ada di tempat tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Moms memilih ayam dengan bungkus plastik yang rapat.
Tips Memilih Ayam

Ayam Goreng Bumbu Kuning

Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai macam masakan enak serta menggugah selera. Daging ayam juga merupakan bahan masakan yang bisa ditemukan dengan sangat mudah di pasaran dengan harga yang murah dibanding daging hewan lainnya. 

Ayam goreng adalah hidangan yang dibuat dari daging ayam dicampur tepung bumbu yang digoreng dalam minyak goreng panas. Beberapa rumah makan siap saji secara khusus menghidangkan ayam goreng. Namun, banyak yang khawatir akan cara pembersihan yang tidak steril, sehingga konsumen akan khawatir dalam mengkonsumsi olahan daging ayam.

Nah, maka dari itu Moms di rumah harus bisa nih bikin ayam goreng sederhana, yaitu ayam goreng bumbu kuning yang tentunya higienis dan dijamin laris di meja makan.

baca juga

Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning

Olahan yang jadi favorit si kembar upin dan ipin memang enggak ngebosenin, deh! Ya, ayam goreng bumbu kuning. Olahan ini menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui dan mengandung banyak gizi. Nah, ini dia resep ayam goreng bumbu kuning yang enaknya juara banget, dijamin anak-anak dan suami di rumah pasti ketagihan, deh!

Bahan-bahannya:

  1. 1 kg daging ayam (potong jadi 10 bagian)
  2. 1 batang serai (memarkan)
  3. 1 lembar daun salam
  4. 2 lembar daun jeruk
  5. 3 cm jahe (memarkan)
  6. Minyak goreng (secukupnya)
  7. 4 siung bawang putih
  8. 5 siung bawang merah
  9. 1/2 sdt ketumbar
  10. 5 cm kunyit
  11. 2 butir kemiri
  12. 3 cm lengkuas
  13. Garam (secukupnya)
  14. Gula (secukupnya)
  15. 1 sdt air asam
  16. Kaldu ayam bubuk secukupnya
Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning

Bumbu Ayam Goreng Kuning

Untuk membuat bumbu kuning yang enak, diperlukan bahan-bahan berikut:

  1. 4 siung bawang putih
  2. 5 siung bawang merah
  3. 1/2 sdt ketumbar
  4. 5 cm kunyit
  5. 2 butir kemiri
  6. 3 cm lengkuas
  7. Garam (secukupnya)
  8. Gula (secukupnya)
  9. 1 sdt air asam
  10. Kaldu ayam bubuk secukupnya
Nah, bahan-bahan tersebut dicuci hingga bersih, kemudian dihaluskan.
Bumbu Ayam Goreng Kuning
baca juga

Cara Memasak Ayam Goreng Bumbu Kuning

  1. Siapkan semua bahan mulai dari daging ayam, bumbu halus hingga bumbu tambahan.
  2. Kukus daging ayam hingga empuk dan matang. Angkat daging ayam, tiriskan. 
  3. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi. 
  4. Tambahkan sedikit air ke dalam bumbu. 
  5. Masukkan batang serai, daun salam dan daun jeruk, aduk rata hingga air mendidih. 
  6. Masukkan daging ayam, masak hingga bumbu meresap dan air cukup asat. Angkat daging ayam jika bumbu dirasa telah meresap. Tiriskan. 
  7. Panaskan minyak di wajan yang berbeda, goreng daging ayam hingga berwarna kuning keemasan. Angkat jika sudah matang, sajikan.
Cara Memasak Ayam Goreng Bumbu Kuning

Mudah, kan Moms? Ayam goreng bumbu kuning cocok banget disantap dengan nasi hangat dan sambal. Indonesia banget kan? Yuk Moms, coba di rumah!