Pare sudah lama dipercaya sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya dari buah, daun, biji, bahkan hingga akar pare memiliki segudang manfaat yang bisa diolah sebagai obat tradisional. Kandungan zat-zat penting yang biasanya terdapat secara terpisah, moms bisa menemukannya semuanya dalam pare.

Buah yang disebut dalam bahasa Inggris bitter melon ini, mengandung vitamin A, C, E, B1, B2, B3, dan folat. Selai itu, paria juga mengandung berbagai mineral, seperti zat besi, kalsium, kalium, seng, magnesium dan fosfor. Bahkan karbohidrat, antioksidan, dan serat juga mengisi manfaat pare loh, moms.

Seperti obat pada umumnya, pare alias paria memiliki rasa pahit yang terkadang orang enggan memakannya. Eits, tapi jangan pesimis dulu ya moms. Buah yang sering kita lihat bersama siomay ini sebenarnya bisa kok kita olah menjadi masakan lezat, asal diproses secara benar ya.

Kira-kira apa bagaimana cara mengolah pare agar tidak pahit ya moms? Mommyasia akan memberikan 4 cara mengolah pare agar tidak pahit.

Tips Mudah Memasak Pare Agar Tidak Pahit, Coba di Rumah Yuk, Moms

1. Pemilihan Pare

Sebelum kita mengolah, sebaiknya mims memilih pare dengan beberapa pertimbangan agar ketika dimasak nanti tidak menghasilkan rasa kecut yang berlebihan. Berikut beberapa cara pemilihan pare yang mudah moms terapkan.

Pertama, pilihlah pare yang berukuran sedang. Semakin besar ukuran pare, semakin pahit pula rasanya. So, moms pilih pare berukuran sedang atau kecil saja ya. Kedua, cari pare dengan permukaan kulit yang memiliki warna hijau tua. Pare yang berwarna muda acenderung hampir matang atau tua. Semakin tua pare, semakin pahit pula rasanya.

1. Pemilihan Pare
baca juga

2. Memakai Air Garam

Belah pare menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya termasuk selaput putih yang menempel pada dagingnya, Iris tipis daging buah pare, kemudian taburu dengan garam. Remas-remas hasil irisan pare hingga layu. Setelah itu bilas dengan air mengalir, tiriskan, dan masak deh sesuai selera keluarga.

3. Air garam

Selain dendgan garam, gula pasir pun bisa dimanfaatkan untuk menetralkan rasa kecut pada pare. Caranya sama saja kok mos. Remas-remas pare yang sudah dibuang biji dan selaputnya, iris tipis, lalu remas dengan gula pasir.

Teruskan kegitan ini hingga pare layu, kemudian bilas bersama air mengalir sampai sisa gula menghilang, tiriskan dan masak sesuai selera.

baca juga

4. Daun Jambu Biji

Merebus pare dengan jambu biji akan membantu menghilangkan rasa kecut pada pare. Sebelum pare direbus dengan jambu biji, moms bisa meremas daun jambu biji terlebih dahulu. Rebus pare bersama dengan daun jambu biji selama 5 menit atau sampai pare setengah matang. Jika moms memasak 1/2 kg pare, maka moms bisa merebusnya dengan 10 lembar daun jambu.