Mengenal Kandungan Sayur Bayam


Zat besi melimpah adalah salah satu alasan kenapa sayur ini dianggap sangat baik untuk dikonsumsi. Belum lagi, ada nutrisi penting lain seperti folat, vitamin A, vitamin C, serat, dan masih banyak banyak lagi manfaat yang bisa membuat tubuh sehat.

Karenanya, bayam memang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga usia senja. Ibu hamil pun sangat disarankan untuk memakan bayam karena kandungan folat bisa membantu tumbuh kembang janin agar sempurna, serta melancarkan kehamilan.
Mengenal Kandungan Sayur Bayam
source: https://img.qraved.co/v2/image/data/penyerapan-mineral-m.jpg

Manfaat Sayur Bayam

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bayam memang memiliki kandungan yang luar biasa penting untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat jika rutin mengonsumsi sayur bayam:

  • Baik untuk diet. Bayam memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan dan karbohidrat yang bisa menunda rasa lapar. Selain itu kandungan kalorinya juga cukup rendah.
  • Baik untuk janin. Di dalam bayam ada kandungan folat dan beta karoten yang bisa membantu perkembangan janin di dalam kandungan.
  • Zat besi di dalamnya dapat membantu mencegah anemia.
  • Kandungan vitamin C untuk membuat tubuh lebih segar dan stamina kuat. Bayam juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Bayam mengandung anti inflamasi dan glikolipid yang membantu meredakan nyeri otot dan sendi.
  • Membantu menurunkan tekanan darah.
  • Bayam juga memiliki kandungan vitamin K yang baik untuk tulang.

Namun Bayam Diduga Bisa Memicu Kanker


Walau memiliki manfaat luar biasa, nyatanya ada bahaya sayur bayam yang mungkin muncul jika dikonsumsi dengan cara yang salah. Beberapa orang menghubungkan sayur ini dengan kemungkinan munculnya kanker di dalam tubuh. Hal itu tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya benar.

Memang, selain zat besi ada sejumlah kandungan lain yang bisa memicu racun jika bereaksi dengan zat lain. Salah satunya adalah kandungan nitrat sangat tinggi yang didapatkan bayam dari air, pupuk, kandungan tanah, bahkan udara di sekitar hidupnya banyak.

Namun Bayam Diduga Bisa Memicu Kanker
source: https://sabdho.files.wordpress.com/2011/10/bayam.jpg?w=604
Banyak orang yang menganggap nitrat berbahaya dan merusakan zat pemicu kanker. Faktanya, menurut penelitian, hal ini tidak benar. Nitrat sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh. Namun jika telah berubah menjadi nitrit, zat ini akan mudah bereaksi dengan berbagai senyawa lain sehingga membentuk zat pemicu kanker.

Karenanya, Moms perlu mengetahui cara memasak bayam yang benar agar tidak sampai menjadi zat karsinogenik.
 
baca juga

Bahaya Lain Sayur Bayam


Selain diduga bisa memicu kanker, ada sejumlah efek samping yang bisa muncul jika Moms mengonsumsi bayam. Namun bahaya ini tidak selalu muncul, tergantung dari kondisi tubuh dan pola hidup dan konsumsi masing-masing:
  • Gangguan perut akan muncul jika seseorang memiliki masalah lambung, seperti maag, liver, dan sebagainya. Jika Moms jarang makan sayur, sebaiknya jangan langsung memakan bayam karena akan menyebabkan reaksi yang mengganggu pencernaan.
  • Meningkatkan risiko asam urat. Bayam memiliki kandungan purin yang bisa memicu kenaikan kadar asam urat. Jika terus dibiarkan, maka akan berakibat pada batu ginjal.
  • Bayam bisa membentuk zar toksin jika bereaksi dengan Escherichia coli atau E. coli yang ada di tanah, air, dan bahan lain yang mengandung kuman tersebut. Dampaknya bisa menyebabkan keracunan yang berujung kematian.
Bahaya Lain Sayur Bayam
source: https://img.qraved.co/v2/image/data/065153900_1527529966-6-Penyakit-Berbahaya-yang-Berawal-dari-Sakit-Perut-By-Sasin-Paraksa-shutterstock-m.jpg
Cara Memasak Sayur Bayam

Walau ada sejumlah efek samping yang muncul saat memakan sayur bayam, namun Moms tidak perlu khawatir. Moms hanya perlu mempelajari bagaimana cara yang benar memasak dan menyajikannya. Berikut adalah tips-tipsnya:
  • Sebelum memasak, pastikan kebersihannya. Cuci hingga benar-benar bersih.
  • Sayur bayam mudah sekali matang. Karenanya, jangan memasak bayam terlalu lama agar vitamin dan mineral di dalamnya tidak hilang maupun berubah.
  • Jangan memanaskan bayam berkali-kali. Karena kandungan nutrisi, terutama nitrat akan hilang atau berubah menjadi nitrit yang mudah bereaksi membentuk zat kanker.
  • Tidak memakan sayur bayam yang sudah disajikan lebih dari tujuh jam karena dikhawatirkan zat di dalamnya sudah bereaksi dengan udara dan menjadi racun.
  • Bagi penderita penyakit tertentu seperti asam urat sebaiknya menghindari konsumsi bayam.
Setiap makanan pastinya punya plus dan minus, Moms. Setelah mengetahui fakta tentang bayam, jangan takut untuk memakannya. Sayuran ini tetap aman kok selama dimasak dan disajikan dengan benar.