Cara Mengonsumsi Daun Kelor


Daun kelor atau merunggai memiliki nama latin moringa oleifera. Tanaman ini banyak dijumpai di daerah tropis bisa tumbuh dengan cepat serta tahan segala cuaca. Bukan hanya daunnya yang dapat digunakan, biji kelor pun bisa dimanfaatkan sebagai penjernih air.

Ada banyak cara mengolah daun kelor agar bisa dikonsumsi, salah satunya adalah dengan merebus daun kelor lalu meminum airnya. Cara lainnya adalah dengan mengolahnya menjadi masakan sayur bening yang bisa Anda sajikan bersama labu siam atau jagung. Namun hindari merebus daun kelor dalam suhu panas dan waktu yang lama karena dikhawatirkan dapat merusak kandungan vitamin dalam daun kelor.
 

Efek Samping Daun Kelor, Perhatikan Cara dan Takaran Konsumsinya
source: https://www.evolution-slimming.com/

Jika Moms ingin cara yang lebih praktis, saat ini sudah tersedia bubuk daun kelor maupun kapsul yang berisi ekstrak daun kelor. Umumnya kapsul ini diminum 2-3 kali sehari untuk menjaga kesehatan atau mengobati asam urat. Namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk menghindari efek samping daun kelor untuk asam urat. Terlebih jika dokter sudah memberi obat untuk mengurangi asam urat untuk mengurangi keluhan yang Moms rasakan.

Efek Samping Daun Kelor


Meskipun dikenal dapat meningkatkan produksi ASI, namun ibu hamil dan menyusui sebaiknya memerhatikan takaran konsumsi daun kelor sehari-hari. Pasalnya, hingga kini belum ada rekomendasi medis untuk mengonsumsi ekstrak daun kelor untuk ibu hamil dan menyusui.

Salah satu efek samping daun kelor untuk ibu hamil di antaranya dapat memicu kontraksi rahim dini yang dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan. Sedangkan bagi ibu menyusui, hingga kini belum ada penelitian yang mengungkapkan efek samping daun kelor untuk ibu menyusui. Namun sebaiknya Moms juga berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter laktasi mengenai porsi yang aman untuk mengonsumsi daun kelor sehari-hari.

Efek Samping Daun Kelor, Perhatikan Cara dan Takaran Konsumsinya
source: https://mazaykastore.com/

Begitu juga dengan efek samping daun kelor untuk wajah. Saat ini sudah banyak produk perawatan wajah yang menggunakan bahan dasar daun kelor seperti masker, toner dan body butter. Beberapa khasiat daun kelor untuk wajah di antaranya dapat mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, melembapkan bibir dan mengecilkan pori-pori.

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun Moms perlu waspada dengan zat kimia lain yang ditambahkan dalam produk tersebut. Jika terjadi iritasi, maka hentikan penggunaan produk untuk sementara atau konsultasikan dengan dokter agar segera mendapat penanganan.