Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara menurunkan kolesterol tinggi sebenarnya cukup beragam, mulai dari mengonsumsi obat-obatan hingga menggunakan cara yang alami. Tentunya mengonsumsi obat-obatan secara terus menerus pasti menimbulkan efek samping, kan? Nah, maka dari itu atur pola hidup dan pola makan yang sehat agar kolesterol tidak tinggi. 

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol yaitu makanan yang berserat tinggi. Adapun di antaranya seperti minyak zaitun, oatmeal, makanan yang berasal dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, atau kembang tahu, kacang-kacangan seperti seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, atau kacang almond, ikan salmon, kuaci tawar, dan buah-buahan.

Selain mengonsumsi makanan yang tinggi serat, penderita kolesterol tinggi juga dianjurkan mengurangi makanan yang mengandung gula, olahraga secara rutin, dan berhenti merokok.

Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Jus Penurun Kolesterol

Selain mengandalkan makanan penurun kolesterol, terdapat juga beragam buah penurun kolesterol yang juga bisa Moms coba. Ini tentu menjadi kabar baik bagi penderita yang suka makan buah tapi punya masalah kolesterol tinggi.

Buah-buahan mengandung pektin, yaitu sejenis serat yang larut air yang dapat mengikat asam empedu. Ketika serat berikatan dengan asam empedu, ikatan tersebut dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Selain serat, buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Buah-buahan ini biasanya diolah menjadi jus agar tidak terlalu berat atau kenyang mengonsumsinya. Ini dia beberapa jus yang dapat menurunkan kolesterol.

Jus Penurun Kolesterol
baca juga

Jus Apel, Wortel, dan Seledri

Campuran apel, wortel, dan seledri yang kemudian dijadikan jus merupakan salah satu yang diyakini dapat menurunkan kolesterol  karena banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam buah dengan campuran sayur tersebut.

Moms cukup menyediakan 2 buah wortel, 2 lembar daun seledri, dan 2 buah apel hijau. Caranya adalah potong seledri sekitar 1/2 sampai 3/4 bagian, kemudian potong wortel dan apel menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu, masukan dalam juicer atau blender hingga halus. Rasa jus ini tentunya akan terasa sedikit pahit karena ada campuran daun seledri di dalamnya. Namun, khasiatnya sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Jus Apel, Wortel, dan Seledri

Jus Strawberry, Kiwi, dan Jeruk

Campuran buah ini untuk dijadikan jus juga tak kalah sehat dan juga mampu mengurangi kolesterol tinggi, karena buah-buahan tersebut kaya akan kandungan zat antioksidan yang mampu melawan kolesterol jahat (LDL) sekaligus dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Cara membuatnya, siapkan 1 cangkir stawberry (100 gram), 2 buah jeruk dan 1 buah kiwi. Haluskan stawberry dan kiwi dengan air perasan jeruk. Jus ini juga pas dikonsumsi bagi Moms yang sedang melakukan diet, lho. Pasalnya jika rutin dikonsumsi, paduan ketiga buah ini ampuh turunkan berat badan.

Jus Strawberry, Kiwi, dan Jeruk
baca juga

Jus Jambu Biji

Jambu biji terkenal banyak manfaatnya dan kandungan nutrisinya juga banyak, seperti likopen, yaitu zat yang dapat membatasi produksi kolesterol. Buah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, dan selenium. Nah, zat flavonid ini sangat berpengaruh dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Jus Jambu Biji

Jus Jeruk Nipis

Selain sebagai bahan masakan, jeruk nipis ini juga dapat menjadi obat kolesterol tinggi karena banyak mengandung zat flavonoid. Zat tersebut dapat menghambat produksi kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga mampu mencegah kerusakan akibat kolesterol tinggi dan mencegah penyakit jantung. Dengan rutin mengonsumsi jus jeruk nipis ini, kadar kolesterol dapat menurun. Jus ini juga bagus dikonsumsi untuk Moms yang sedang menjalani diet.

Membuat jus ini tidak repot lho, karena tidak usah menggunakan blender, hanya dipotong menjadi 2 bagian, lalu diperas, dan ditambahkan air hangat, jadi deh!

Jus Jeruk Nipis

Jus Delima

Jus yang terakhir adalah jus delima. Buah ini mampu mengatasi kolesterol tinggi dan menghilangkan plak dalam pembuluh darah.  Didalam buah delima terdapat vitamin B1,B2,B3,B5,B6,B9, Viatmin C dan Vitamin E serta beberapa mineral penting lain misalnya kalsium. Nutrisi yang ada pada delima dapat bermanfaat menjaga kolesterol baik tetap dalam kondisi yang normal dan cocok dijadikan sebagai jus untuk menurunkan kolesterol jahat.

Jus Delima