Siklus menstruasi normalnya ialah berkisar selama 3-7 hari dalam jeda waktu 21-35 hari. Namun, siklus menstruasi setiap wanita memiliki durasi dan produksi darah haid yang berbeda-beda tergantung dengan kondisi tubuhnya, moms.  

Menstruasi Lama dan Sedikit

Menstruasi lama dan sedikit bisa dialami wanita mana saja. Umumnya menstruasi lama yang lebih dari seminggu bisa dikatakan sebagai menstruasi tidak normal. Menstruasi lama pun biasa dialami oleh wanita yang sudah menuju tahap menopouse (wanita berusia 45-55 tahun ke atas).
Menstruasi sedikit atau yang disebut hypomenorrhea yang kurang dari 3-7 hari juga termasuk sebagai menstruasi yang tidak normal. Ciri dari menstruasi normal yakni darah menstruasi keluar sebanyak 30 ml sampai 50 ml setiap periode haid.

Menstruasi Lama dan Sedikit
baca juga

Penyebab Menstruasi Sedikit

Salah satu penyebab dari menstruasi sedikit yakni karena pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup tidak sehat bisa jadi karena aktif merokok, kenaikan berat badan yang drastis, serta melakukan olahraga berat, sehingga hormon tubuh tidak seimbang. Selain itu faktor usia juga menjadi penyebab menstruasi sedikit, usia yang mengalami menstruasi sedikit terjadi pada remaja yang memasuki masa pubertas dan manusia lanjut usia atau menopouse.

Gangguan ginekologis seperti kram dan nyeri perut bisa membuat darah haid yang keluar sedikit. Faktor lainnya yang menyebabkan penggunaan alat kontrasepsi, khususnya alat kontrasepsi hormonal, serta munculnya kista pada ovarium. Bisa jadi ada masalah pada rahim moms yang menyebabkan menstruasi lama seperti penyempitan leher rahim, penyakit fibroid pada rahim, dan penebalan dinding rahim.

Penyebab Menstruasi Sedikit

Penyebab Menstruasi Lama

Faktor penyebab menstruasi sedikit dengan menstruasi lama pun tidak jauh berbeda, moms. Biasanya wanita berusia sekitar 40 tahun sering mengalami uterus disfungsional atau disfungsi hormon yang mempengaruhi stabilitas lapisan rahim sehingga menyebabkan bercak darah meski moms belum memasuki masa haid.

Penggunaan pil KB yang tidak sesuai atau sering gonta-ganti, mengalami adenomiosis yang terjadi pada wanita yang baru melahirkan, kondisi dinding rahim yang menebal dan abnormal, masalah pada berat badan, serta timbul sel kista juga bisa menyebabkan menstruasi lama.

Penyebab Menstruasi Lama
baca juga

Cara Mengatasinya

Langkah awal jika moms mengalami menstruasi lama dan sedikit yakni segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan obat hormon atau jenis obat lainnya yang akan disesuaikan dengan penyebab dan kondisi moms. Selain itu, mulailah menjalani pola hidup yang sehat, mengurangi stres, perbanyak istirahat, mengatur pola makan dan memilih makanan yang bergizi.
 

Cara Mengatasinya