Telur Kutu Rambut

Parasit yang hidup di kepala manusia ini hidup dengan menghisap darah inang atau orang yang kepalanya di hinggapi, Moms. Umur hidup kutu ialah 30 hari, Moms dan selama masa hidupnya, kutu rambut betina dapat bertelur sekitar 150 telur kutu. Satu kutu betina mampu menelurkan enam buah telur kutu dalam sehari. Telur tersebut akan menempel di batang rambut sehingga terbilang sulit dihilangkan.

Telur kutu menetas hanya dalam waktu kurang lebih 8 hari. Secepat itu ya, bayangkan Moms, jika kepala kita dihinggapi kutu selama seminggu atau bahkan berbulan, akan ada berapa banyak telur kutu yang menetas setiap minggunya? Membayangkannya saja pasti mebuat Moms merasa jijik ya. Untuk itu jangan tunggu sampai banyak segera basmi telur kutu rambut dengan cara berikut ini, yang bisa Moms terapkan selain dengan obat khusus penghilang kutu.

Katakan Tidak Pada Kutu Rambut, Ini 3 Cara Menghilangkan Telurnya

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut
​​​​​​

Selain dengan menggunakan obat khusus untuk menghilangkan kutu yang notabene berbahan kimia dan sudah tersedia di pasaran, Moms bisa coba cara menghilangkan kutu dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita dan mudah ditemui di rumah. Beberapa cara untuk menghilangkan kutu dengan bahan alami antara lain menggunakan sisir serit (sisir bergigi rapat), minyak zaitun, cuka putih, lemon, bawang putih, garam dapur, baby oil, minyak kelapa, tea tree oil, alcohol, petroleum jelly, minyak wijen, mayonnaise hingga obat kumur, Moms.

Cara menerapkannya pun terbilang cukup mudah Moms seperti beberapa cara yang bisa dicoba berikut ini.

Katakan Tidak Pada Kutu Rambut, Ini 3 Cara Menghilangkan Telurnya
baca juga

Cara Menghilangkan Telur Kutu Dengan Cuka
​​​​​​

Asam yang terdapat pada cuka mampu membantu menghilangkan kutu dan telur kutu dengan cepat, Moms. Pastikan kulit kepala Moms tidak sensitif atau sedang ada luka saat menggunakan cuka yang asam untuk menghindari iritasi.

Cara menghilangkan telur kutu dengan cuka yaitu Moms siapkan 2 sdm cuka putih dan 2 sdm air atau minyak kelapa lalu campurkan hingga merata. Kemudian, oleskan bahan tersebut ke kulit kepala secara menyeluruh. Tutup dengan penutup kepala dari plastic atau shower cap semalaman hingga cuka bekerja dan meresap. Keesokan harinya, keramasi rambut Moms dengan sampo hingga bersih.

Katakan Tidak Pada Kutu Rambut, Ini 3 Cara Menghilangkan Telurnya

Cara Menghilangkan Telur Kutu Dengan Minyak Zaitun

Bahan alami minyak zaitun memang terkenal multifungsi yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Namun siapa sangka kalau penggunaan minyak zaitun bisa menjadi cara menghilangkan kutu juga, Moms.

Caranya yakni keramasilah terlebih dahulu rambut Moms hingga bersih, lalu oleskan minyak zaitun ke kulit kepala sambil dipijat. Gunakan penutup kepala dan diamkan hingga beberapa jam, bila perlu gunakan pada malam hari agar bisa didiamkan hingga besok paginya, setelah itu, bilas hingga bersih dengan sampo. Untuk memastikan kutu dan telur kutu telah hilang, Moms bisa sisir rambut menggunakan sisir serit dengan gigi yang sangat rapat sehingga kutu atau terlurnya bisa tersangkut bila masih ada.

Katakan Tidak Pada Kutu Rambut, Ini 3 Cara Menghilangkan Telurnya
baca juga

Cara Menghilangkan Telur Kutu Dengan Listerine

Listerine merupakan merek obat kumur atau mouthwash yang cukup terkenal di Indonesia. Selain untuk membersihkan mulut, listerine juga bisa digunakan sebegai bahan penghilang telur kutu rambut, Moms. Pertama-tama basahi rambut Moms dengan listerine sampai merata, kemudian tutup dengan shower cap dan diamkan selama satu jam. Lalu, basahi lagi rambut dengan cuka dan diamkan lagi selama satu jam kembali sambil menggunakan pembungkus kepala. Setelah itu, bilas rambut dengan menggunakan sampo.

Setelah keramas, sisir lagi rambut dengan serit untuk memastikan telur kutu lenyap. Gunakan cara ini secara rutin untuk membuat kutu dan telurnya benar-benar hilang. Moms bisa juga menggunakan listerine untuk menyemprot rambut setiap saat dengan memasukkannya pada botol spray, bau peppermint yang segar pada obat kumur membuat kutu akan tidak tahan berlama-lama tinggal di kepala.

Katakan Tidak Pada Kutu Rambut, Ini 3 Cara Menghilangkan Telurnya