Masakan nusantara ikan
Ikan adalah salah satu makanan favorit banyak orang, termasuk orang Indonesia. Mulai dari ikan air tawar juga air laut. Selain digoreng atau dibakar, menu ikan bisa diolah dengan banyak cara juga lho.

Mantap Betul, 8 Masakan Ikan Khas Nusantara ini Waijib Moms Coba!
source: https://bisniswisata.co.id/ikan-bakar-rica-kuliner-manado-tiada-tandingannya/

Nah, diantara cara mengolah ikan yang patut Moms coba adalah dengan menjadikannya masakan khas Nusantara. Penasaran olahan ikan khas masakan indonesia?

Pempek
Siapa yang tak kenal makanan khas berbahan dasar ikan tenggiri dari Palembang ini? Bahkan karena sangat populernya pempek ini, tidak hanya di Palembang saja, daerah lain pun sudah banyak yang menjual pempek.

Pempek bukanlah bahasa Palembang, tapi diambil dari istilah Tiongkok “apek” atau “pekpek” yang berarti paman atau lelaki tua. Seorang apek pernah coba mengolah ikan tenggiri sisa pindang atau gulai. Ikan tenggiri ini dicampur dengan tepung kanji dan jadilah sajian yang lebih nikmat jika digoreng. Si apek menjual inovasi baru ini dan banyak orang menyukainya. Sajian ini pun akhirnya disebut pempek karena tiap memesan, pelanggan harus memanggil si penjual dengan “pek, pek”.

Mantap Betul, 8 Masakan Ikan Khas Nusantara ini Waijib Moms Coba!
source: https://www.google.co.id/amp/makassar.tribunnews.com/amp/2019/01/06/tribunwiki-9-tempat-makan-pempek-palembang-di-makassar

Salah satu keunikan dari pempek adalah banyaknya jenis dan bentuk sajian ini. Ada pempek lenjer, pempek dos, pempek adaan, pempek lenggang, hingga pempek kapal selam. Semuanya disajikan dengan siraman kuah cuko yang pedas-gurih, taburan ebi halus, mie kuning, dan potongan timun segar.

baca juga

Arsik
Ikan Arsik adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Utara. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar ikan mas yang dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda dengan masakan berbahan ikan lainnya. 

Ikan Arsik merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Sumatera Utara, khususnya di daerah Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Mantap Betul, 8 Masakan Ikan Khas Nusantara ini Waijib Moms Coba!
source: https://www.google.co.id/amp/s/lifestyle.sindonews.com/newsread/921815/156/arsik-ikan-mas-penggoyang-lidah-di-danau-toba-1415513849

Ada beberapa bahan yang wajib dipakai supaya rasa arsik semakin khas, yakni andaliman, kecombrang, asam gelugur atau patikala, dan lokio atau bawang batak. Proses masaknya pun terbilang unik, yakni bahan-bahan di atas disusun di atas panci, lalu ikan mas segar yang sudah dilumuri bumbu kuning diletakkan di atasnya.

Sisik ikan tidak perlu dibersihkan karena sajian ini dimasak dengan teknik slow-cooking hingga empuk namun tidak kering. Bayangkan saat menyantap daging ikannya, rasa asam, pedas, dan gurih menyatu sempurna di dalam mulut. Hmm.. Mantap betul!

Sate lilit ikan
Sate lilit termasuk hidangan andalan dari Bali. Umumnya terbuat dari cincangan daging ikan, kelapa parut dan bumbu halus yang kaya rempah. Makin wangi jika memakai batang serai untuk tusukan sate.

Mantap Betul, 8 Masakan Ikan Khas Nusantara ini Waijib Moms Coba!
source: http://www.thenusapenida.com/menikmati-wisata-kuliner-makanan-khas-nusa-penida/

Sate ala Bali yang satu ini memiliki bahan dasar daging ikan yang dicampur dengan parutan kelapa, aneka bumbu dan rempah, lalu dililitkan ke tusukan bambu tipis untuk kemudian dibakar hingga matang. Jika tak ada tusukan bambu, anda bisa menggantinya dengan batang serai, yang juga akan menambah kenikmatannya. Daging fillet yang biasa digunakan berasal dari ikan tuna. Namun Moms bisa menggantinya dengan ikan berdaging putih lainnya seperti tenggiri, gurame atau fillet ikan dori yang saat ini mudah sekali didapatkan.

baca juga

Gabus pucung
Ikan gabus yang tebal dan gurih dagingnya ini diolah dengan bumbu khas Betawi. Sajian khas Betawi yang menggunakan bumbu kluwek di dalamnya ini memiliki citarasa gurih dan pedas yang lezat. Ikan gabus akan dimasak bersama racikan bumbu-bumbu setelah matang digoreng. Ini akan membuat bumbu jadi lebih meresap dan menempel sempurna pada ikannya.

Konon, dahulu kota Jakarta cukup didominasi rawa, empang, dan sungai sebagai habitat ikan gabus. Karena harga ikan laut di pasaran cukup mahal, warga Betawi pun memanfaatkan ikan gabus untuk diolah jadi masakan. Berhubung masyarakat setempat juga menyukai kluwak, kedua bahan ini pun “dikawinkan” dan jadilah hidangan berkuah yang nikmat dan gurih.

Mantap Betul, 8 Masakan Ikan Khas Nusantara ini Waijib Moms Coba!
source: https://ngiderngiler.com/resep-ikan-gabus-pucung-betawi/

Kunci kelezatan hidangan ini tentunya adalah ikan gabus yang segar dan kluwak berkualitas baik. Cara buatnya hampir sama dengan rawon, yakni tumis bumbu hingga harum, lalu masukkan air kluwek dan ikan gabus yang sudah dipotong dan dilumuri air jeruk nipis. Masak hingga bumbunya meresap dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan sepiring nasi hangat!

Pecak ikan
Masih dari Betawi, makanan khas berikutnya adalah pecak ikan. Pecak ikan adalah sajian ikan yang disiram sambal pecak. Ada dua jenis sambal pecak, yakni sambal pecak pakai kacang dan tidak pakai kacang. Sambal pecak biasa (tidak pakai kacang) teksturnya lebih ringan karena hanya pakai cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, dan kunci. Sedangkan sambal pecak kacang bertekstur lebih pekat karena bumbu tadi dicampur kacang tanah atau kacang mede goreng.

Mantap Betul, 8 Masakan Ikan Khas Nusantara ini Waijib Moms Coba!
source: https://resepkoki.id/resep-pecak-gurame/

Biasanya, pecak ikan memakai ikan-ikan yang hidup di sungai atau rawa. Maklum, masyarakat Betawi dulu mengaku sebagai “masyarakat sungai” yang memanfaatkan ikan di habitat tersebut untuk konsumsi harian. Ikan lele, gabus, dan belut sering jadi pilihan, tapi seiring berjalannya waktu, pecak gurame, mujair, dan nila lebih populer sekarang ini.

Bandeng presto
Buat Moms yang doyan makan ikan bandeng, hidangan bandeng presto ini pasti jadi olahan favorit. Sebab, duri-duri tajam yang ada dalam ikan bandeng bisa jadi sangat empuk jika dipresto. 

Mantap Betul, 8 Masakan Ikan Khas Nusantara ini Waijib Moms Coba!
source: https://www.pegipegi.com/travel/3-destinasi-favorit-berburu-bandeng-presto-di-semarang/

Bandeng presto ini dikenal sebagai makanan sekaligus oleh-oleh khas orang Semarang. Terbuat dari ikan bandeng yang dipresto dengan tambahan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kunyit, dan garam. 
Biasanya, ikan bandeng dipresto dengan alas daun pisang baru kemudian digoreng supaya garing. Bandeng presto awalnya dibuat oleh Hanna Budimulya pada 1977 hanya untuk kalangan terbatas saja, tetapi karena banyak yang suka dengan bandeng empuk ini maka lama kelamaan bandeng presto berkembang pesat hingga sekarang menjadi ikon kuliner dan oleh-oleh khas Kota Semarang.

Cakalang
Makanan berbahan dasar ikan Cakalang ini biasa kita temui di Manado, bernama cakalang fufu. Makanan ini berupa suwiran ikan yang dimasak dengan bumbu hingga kering. Seperti namanya, sajian ini biasa memakai ikan cakalang, tapi juga bisa digantikan dengan ikan berdaging tebal dan punya sedikit duri seperti tongkol, tuna, dan tenggiri.

Mantap Betul, 8 Masakan Ikan Khas Nusantara ini Waijib Moms Coba!
source: http://katalogwisata.com/lezatnya-cakalang-fufu-khas-manado

Fufu pada nama sajian ini sendiri berarti “asap”, yang berarti bahan ikan perlu diasap terlebih dulu sebelum dimasak dengan bumbu pampis atau bumbu pedas khas Manado (pakai cabai, jahe, kunyit). Selain dihidangkan dengan nasi hangat, cakalang fufu pampis bisa dibuat stok lauk atau jadi isian panada.

Gohu ikan
Gohu ikan adalah makanan favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Ternate. Gohu ikan khas Ternate pada umumnya diolah dari ikan tuna mentah. Karena hal itu pula-lah banyak orang menyebut kuliner ini sebagai sashimi Ternate. Jika sedang tidak musim ikan tuna, ikan cakalang juga bisa dipakai, meski tentu saja teksturnya tidak semulus ikan tuna. 

Daging tuna mentah dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui -semacam jeruk nipis yang harum dan dalamnya berwarna kuning-jingga. Kemudian campur dengan rajangan kasar daun kemangi. Bawang merah dan cabe rawit dirajang kasar, lalu ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah. Taburkan kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar di atasnya. Rasanya? Manis, asam, sedikit pedas, dan gurih.

Mantap Betul, 8 Masakan Ikan Khas Nusantara ini Waijib Moms Coba!
source: https://www.google.co.id/amp/s/lifestyle.okezone.com/amp/2017/04/24/298/1675202/food-story-mengenal-lebih-dalam-sashimi-nya-orang-ternate-alias-gohu-ikan

Meski berupa ikan laut mentah, namun aroma amis sama sekali tidak terasa. Menurut beberapa juru masak yang ahli memasak makanan ini, aroma amis sudah hilang dengan sendirinya ketika daging ikan dicampur perasan lemon dan garam. Selain itu, tingkat kementahan daging pun berkurang ketika didiamkan beberapa saat. Dan terakhir, saat minyak kelapa tumisan cabe dan bawang merah disiramkan, Gohu Ikan sudah dalam kondisi layak makan.

Nah Moms, ternyata negara kita kaya akan makanan nusantara ikan ya. Moms sudah tentukan pilihan ingin makan yang mana?