Memilih Sayuran Hijau untuk Dikonsumsi


Sayuran hijau adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan gizi. Sayangnya banyak dari kita ya moms yang malas mengolah sayur hijau karena rasanya repot gitu harus menyiangi satu-satu. 

Sayuran hijau akan membantu merawat sistem pencernaan, peredaran darah, tulang dan persendian, serta masih banyak lagi. Berkat kandungan antioksidan yang berlimpah, tubuh jadi tidak gampang lemas dan sakit. Sayuran hijau juga kaya akan kandungan protein loh moms seperti kacang kapri, asparagus, dan brokoli.

Apabila serat dapat terpenuhi dengan baik maka sistem pencernaan pun akan bekerja dengan baik. Serat  mampu menyerap air di dalam usus dan mempertahankan kadar air di dalamnya. Sehingga tubuh akan terhindar dari beragam masalah pencernaan, seperti sembelit, wasir, gangguan pada usus, bahkan kanker sekalipun.

Moms juga perlu tahu nih beberapa vitamin dalam tiap jenis sayuran hijau:

  • Vitamin A, berfungsi untuk memelihara penglihatan kamu. Vitamin ini terkandung dalam bayam, sawi, kale, brokoli, dan selada.
  • Vitamin B Kompleks, berfungsi untuk memelihara pertumbuhan dan perkembangan serta fungsi tubuh. Kamu dapat mendapatkan vitamin ini pada sayuran asparagus, peterseli, sawi hijau, dan brokoli.
  • Vitamin C, berfungsi untuk merawat kesehatan tubuh dengan mencegah berbagai penyakit serta melawan sel kanker. Vitamin C pada umumnya memang pada buah-buahan seperti jeruk. Namun kamu juga bisa mendapatkannya pada brokoli, paprika hijau, bayam, edamame, dan bok choy.
  • Vitamin E, berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit agar kulitmu lembut, terawat, dan bercahaya. Untuk itu, kamu harus rajin makan  bayam, brokoli, atau asparagus.
  • Vitamin K, berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah dan merawat kesehatan tulang. Cukup konsumsi bayam, kubis, mentimun, atau brokoli untuk mendapatkan manfaat dari vitamin ini.

Nah sekarang moms sudah tahu kan segudang manfaat sayuran hijau, jadi yuk kita msak sayur yuk. 


 

Kitchen Hacks: Memetik Sayur


Biar hidup lebih praktis kali ini kami bagikan kitchen hacks petik sayurnya nih moms, supaya ga repot lagi untuk mengolah sayuran. 

Hacks ini bisa diterapkan untuk sayuran dengan daun yang bercabang seperti sayur bayam, sayur katuk, atau sayur kelor. Cara siang sayur bayam atau cara siang sayur kelor kadang bikin malas ya moms, karena harus dipetiki satu-satu dan daunnya itu banyak sekali butuh banyak sekali waktu. 

Padahal ada cara petik sayur praktis loh moms ternyata. Apabila moms klik tautan di atas, moms bisa melihat seorang ibu mengunakan keranjang berlubang kecil untuk membantunya memetiki sayuran.

Jadi tinggal taruh saja ujung batangnya agak menjurus keluar lalu tinggal ditarik. Daun akan sendirinya tertahan di dalam keranjang. Wow banget kan moms! Ternyata selama ini ada cara mudah seperti ini. 

Kitchen Hacks: Memetik Sayur
source: https://www.kanal247.com/images/media/photo/2017/09/08/6437.jpeg

Sekarang menyiangi sayur sudah ga pakai lama lagi deh. Yuk masak sayur hari ini, moms!