Mainan Bayi 3 Bulan yang Aman


Moms waktu bermain dengan anak bukan hanya sekedar membangun hubungan antara orang tua dengan anak tetapi juga membangun kecerdasaran, bahasa, intelektual, sosial, dan kemampuan motorik anak. Untuk itu sebelum memberikan mainan pada anak, ada baiknya moms juga mengetahui keamanan mainan yang diberikan agar tidak malah membahayakan si kecil.

Ketika moms membelikan mainan untuk bayi 3 bulan pastikan mainan tersebut tidak mengandung bahan material kecil atau gampang lepas, misalkan sebuah boneka yang ada kancingnya jika kancingnya lepas bisa saja akan termakan oleh si kecil lalu mainan lainnya yang mengandung pernak pernik. Pastikan mainan yang dibeli tidak mengandung pewarna berbahaya atau gampang luntur karena bayi yang berumur 3 bulan suka sekali memasukkan barang apapun ke dalam mulutnya.

Selain itu hindari juga memberikan mainan yang dapat mengeluarkan suara terlalu keras sehingga akan merusak pendengaran. Ketika moms membeli mainan, moms dapat melihat di belakang kemasan karena beberapa mainan mencantumkan usia bayi untuk memudahkan moms memilih mainan. Berikut ini beberapa mainan yang aman dan dapat diberikan untuk si kecil guna menstimulasi tumbuh kembang motoriknya.

  1. Baby playmat dan palygym
  2. Mainan kerincingan
  3. Mainan yang terbuat dari bahan karet
  4. Mainan gantungan 
  5. Mainan yang gigit
Mainan Bayi 3 Bulan yang Aman
source: https://id.pinterest.com


 

Mainan Bayi 3 Bulan untuk Digigit


Ketika bayi memasukki umur 3 bulan, bayi sangat suka memasukkan benda ke dalam mulut dan menggigitnya. Hal ini terjadi karena bayi mulai tumbuh gigi susu sehingga timbul rasa gatal atau sakit pada gusinya. Salah satu mainan gigit yang dapat membantu mengatasi rasa gatal atau nyeri pada gusi adalah teether. Berikut ini beberapa mainan gigit yang aman dan bagus untuk bayi 3 bulan.

Baby Fruit  Pacifier

Teether ini bisa diisi makanan atau buah sehingga saat teether digigit ada rasanya. Membuka dan menutup bagian nipplenya sangat mudah dengan mengunci. Bayi dapat melatih gerakan motoriknya karena terdapat gagang yang mudah dipegang dan mengajarkan kemandirian pada bayi. Dilengkapi BPA Free dengan tutup dot sehingga terjaga tetap higienis. Kualitas plastiknya tebal dan nipple lentur. Harga teether ini sekitar Rp. Rp. 38.000 saja.

Mainan Bayi 3 Bulan untuk Digigit
source: https://www.jd.id


 

baca juga

Pigeon Teether Fruit New


Teether ini dapat aman untuk bayi berumur 3 bulan keatas. Teether ini aman karena terbuat dari bahan Food Cantac Grade. Selain itu teether ini sangat mudah untuk digenggam dan hadir dengan corak warna yang menarik perhatian bayi. Harga Teether ini sekitar Rp. 64.000.

Pigeon Teether Fruit New
source: https://www.jd.id


 

Baby Banna Teething Toothbrush For Infants


Sikat gigi bayi bentuk pisang ini akan menarik perhatian bayi untuk belajar sejak dini menyikat gigi dengan baik. Selain digunakan untuk digigit juga berfungsi untuk menyikat gigi anak. Sikat gigi bayi ini dirancang khusus dengan silikon berkualitas dan BPA Free sehingga aman untuk bayi. Harga sikat gigi pisang ini sekitar Rp. 60.000.

Baby Banna Teething Toothbrush For Infants
source: https://www.jd.id


 

baca juga

Mainan Bayi 3 Bulan Digantung


Keberadaan mainan gantung yang berputar dan terdapat suara musik akan menstimulasi motorik bayi dan melatih kemampuan bayi dalam melihat. Biasanya mainan gantung terapat di beberapa bouncer bayi sehingga tidak membuat bayi merasa bosan. 

Keberadaan mainan gantung dengan corak warna warni memang menarik, namun moms harus memperhatikan segi keamanan mainan gantung. Pastikan mainan gantung terikat kuat agar pada saat ditarik bayi tidak jatuh menimpa kepala bayi.

Mainan Bayi 3 Bulan Digantung
source: https://id.pinterest.com


 

DIY Mainan Bayi 3 Bulan


Nah, jika mainan bayi dirasa harganya mahal, moms juga bisa kok membuat kreasi sendiri untuk membuat DIY mainan anak. tentunya DIY ini bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah dan tidak mengeluarkan uang yang banyak. Berikut ini beberapa DIY mainan bayi 3 bulan yang tak kalah bagusnya untuk merangsang motorik bayi.

DIY Fabric and Foam Baby Blocks

Bahan:

  • Kain perca warna warni yang tidak terpakai di rumah
  • Gunting
  • Busa
  • Mesin jahit atau jarum 
  • Penggaris


Cara Membuat:

  1. Potong kain membentuk kotak dengan panjang 4,5 x 4,5 cm
  2. Jahit 6 kotak kain yang telah dipotong dalam formasi silang dan jahit 1/4 dari tepi
  3. Kemudian jahit bagian sisinya dan biarkan bagian atas terbuka untuk memasukkan busa
  4. Masukkan busa dan tutup dengan kain sehingga membentuk kubus
Untuk informasi lengkap cara membuatnya moms dapat melihat di Wrenhandmade.
DIY Mainan Bayi 3 Bulan
source: https://wrenhandmade.typepad.com


 

DIY Baby's First Book


Bahan:

  • Kain Wol dengan beragam warna pelangi
  • Pita warna warni
  • Mesin jahit atau jarum
  • Benang
  • Pin


Cara Membuat:

  1. Mulailah dengan memotong 8 wol membentuk kotak dengan ukuran 6 x 6 cm
  2. Sesudah dipotong, urutkan warna-warna kain wol yang moms inginkan dan menarik untuk bayi
  3. Untuk membuat cover buku, buatlah desain pelangi dengan menyematkan 7 warna kain sisa kain wol yang telah dipotong tadi dan jahitlan membentuk lengkungan
  4. Untuk halaman berikutnya buatlah satu pokok warna pada tiap lembarnya misalkan lembar ke satu warna merah, lalu lembar kedua warna kuning, dan selanjutnnya.
  5. Setelah tiap lembarnya sudah jadi, lalu jahit semua kain menjadi satu membentuk buku


Buku ini sangat bagus untuk mengenalkan macam-macam warna pada bayi dan mengasah motoriknya. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membuatnya moms dapat melihat di sini.

DIY Baby's First Book
source: https://www.allfreesewing.com/Sewn-Toys/Babys-First-Book-Tutorial-from-Fiskars

Mainan untuk bayi umur 3 bulan memang bagus untuk mengasah kembang motoriknya, namun hal ini juga harus dengan pengawasan orang tua ya moms untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, beberapa informasi tersebut semoga bermanfaat untuk moms dan si kecil ya.