1. Bawang Putih

1. Bawang Putih
source: https://cdn1.medicalnewstoday.com/

Bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Rasa nyeri yang dirasakan karena gigi berlubang, dapat diatasi dengan bahan ini. Bawang putih juga bisa membuat gusi dan gigi lebih sehat.

Untuk meredakan nyeri, tempelkan 1 siung bawang putih yang telah ditumbuk halus, di area gigi yang berlubang. Untuk mengobati dan mencegah penyebaran gigi berlubang, gunakan 3 siung bawang putih dan ¼ sdt garam. Kemudian oleskan pada gigi berlubang selama 10 menit. Lakukan secara rutin dua kali sehari dalam beberapa minggu.

2. Bawang Merah

2. Bawang Merah
source: https://www.thoughtco.com/

Selain bawang putih, bawang merah ternyata juga bisa membantu meredakan sakit yang timbul akibat gigi berlubang dan mengobati gigi berlubang. Kedua jenis bawang ini mengandung antiseptik alami yang efektif dalam membunuh kuman. Mudah saja, tumbuklah 1 siung bawang merah hingga halus. Campurkan dengan ¼ sdt garam. Kemudian, tempelkan pada area gigi yang sakit.

baca juga

3. Garam

Kandungan sodium yang tinggi pada garam berguna dalam membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Kandungan antiseptiknya juga dapat mengobati gigi berlubang dengan mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi infeksi, dan mencegah perkembangan bakteri di mulut.

Larutkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat dan aduk hingga rata. Gunakan larutan ini sebagai obat kumur setelah sikat gigi. Berkumurlah selama satu menit. Laukan sampai gejala mereda.

4. Cengkeh
Bahan penting lainnya yang bisa mengobati gigi berlubang adalah cengkeh. Cengkeh bersifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri. Cengkeh juga bisa mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran gigi berlubang.

Siapkan 3 tetes minyak cengkeh. Campurkan dengan ¼ sdt minyak biji wijen. Aduklah hingga rata. Celupkan kapas pada larutan, kemudian tepukkan pada gigi yang berlubang. Lakukan ini sebelum tidur di malam hari. Cara lainnya adalah dengan mengunyah cengkeh utuh hingga terasa minyaknya. Kemudian diamkan cengkeh tersebut di bawah lidah selama beberapa menit.

5. Es Batu

Di dunia kesehatan, es batu seringkali digunakan sebagai kompres untuk cedera, seperti nyeri, terkilir, peradangan. Ternyata, es batu juga dapat meredakan sakit yang timbul karena gigi berlubang lho, Moms. Es batu berfungsi mengurangi bengkak, meredakan nyeri, dan membuat tubuh lebih rileks.

Caranya sederhana, dengan menghisap potongan-potongan es batu di dalam mulut hingga mencair dan mengenai gigi yang nyeri. Lakukan selama 10 menit. Selain itu, Moms bisa gunakan selembar kain tipis yang bersih sebagai kantung es. Bungkuslah potongan-potongan kecil es batu dengan kain dan masukkan ke dalam mulut. Tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan hingga es batu mencair.

5. Es Batu
baca juga

6. Cuka Apel

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati gigi berlubang adalah cuka apel. Cuka apel mengandung antimikrobial dan antibakteri. Ini akan meredakan rasa sakit. Caranya mudah, larutkan 1 sdm cuka apel ke dalam segelas air. Gunakan sebagai obat kumur. Cara lainnya adalah dengan meneteskan cuka apel pada kapas, lalu tempelkan di bagian gigi yang sakit. Diamkan hingga rasa sakitnya reda.

7. Daun Jambu Biji

Terakhir, bahan alami yang bisa mengobati gigi berlubang adalah daun jambu biji. Bahan ini bersifat antibakteri, antiinflamasi, dan analgesi yang kuat. Bahan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mulut. 

Caranya adalah dengan mengunyah mentah-mentah daun jambu biji yang telah dicuci bersih. Cara lainnya adalah dengan merebusnya terlebih dahulu, kemudian gunakan air rebusannya sebagai obat kumur.