Jenis mawar
Mawar sudah banyak dibudidayakan dengan beragam cara. Baik dengan cara yang sederhana seperti setek maupun yang rumit seperti perkawinan silang. Tidak heran kalau jenis tanaman ini semakin bertambah banyak seiring dengan kemajuan teknologi.

Menarik, Inilah 4 Jenis Bunga Mawar & Makna Dibalik Warnanya!
source: https://www.google.co.id/amp/s/m.merdeka.com/amp/gaya/ini-makna-tersembunyi-di-balik-warna-warni-kelopak-mawar.html

Banyak sekali jenis bunga mawar berdasarkan warnanya yang ditemukan di dunia. Tapi, ada beberapa yang mungkin belum pernah Moms lihat dan ternyata setiap warna pada bunga mawar memiliki arti tersendiri lho, Moms. Apa saja itu?

Mawar merah
Mawar merah adalah bunga yang dianggap mewakili rasa cinta, asmara, kecantikan, dan rasa hormat. Valentine atau hari kasih sayang yang dirayakan setiap 14 Februari tiap tahunnya ini menjadi momen kala bunga mawar merah jadi primadona dan bunga paling diburu dalam setahun. 

Namun pernahkah Moms berpikir mengapa mawar merah menjadi lambang cinta? Mawar merah menjadi simbol ikonik yang masyur dalam sejarah Yunani dan Romawi. Bunga ini terikat pada Aphrodite atau Venus, si dewi cinta. 

Menarik, Inilah 4 Jenis Bunga Mawar & Makna Dibalik Warnanya!
source: https://pixabay.com/id/photos/dua-mawar-merah-di-salju-simbol-cinta-3191354/

Merunut sejarah, berdasar floriography (bahasa bunga), mawar merah juga sudah bicara tentang simbol romantisme dan kencan sejak era Victorian sampai Romawi. 

Di masa-masa berkembangnya sastra, bahasa cinta mawar merah semakin membara. Puisi klasik Prancis 'Roman de la Rose, Guillaume de Lorris and Jean de Meun' menggunakan bunga mawar untuk menggambarkan seksualitas perempuan saat menggambarkan kesempurnaan cinta. 

baca juga

Mawar putih
Mawar yang berwarna putih bisa diartikan sebagai simbol ketulusan, kesucian, kemurnian, spiritualitas dan simpati. Putih dalam mawar ini juga bisa diartikan kerahasiaan dan kepolosan. Arti dan makna bisa berbeda, tergantung dari masing-masing budaya atau adat.

Makna dari mawar berwarna putih ini mirip dengan mawar merah, yakni sebagai simbol cinta sejati. Hal tersebut bisa dilihat dari penggunaannya. Karena mawar putih sekarang sudah sering digunakan pada acara pernikahan atau acara sejenis, karena warna putih dalam bunga tersebut merepresentasikan kebajikan, persatuan dan ikatan cinta suci. 

Menarik, Inilah 4 Jenis Bunga Mawar & Makna Dibalik Warnanya!
source: https://www.petelagi.com/makna-mawar-putih/

Sebaliknya, putih dalam bunga tersebut juga bisa mewakili rasa sedih dan penghormatan. Hal tersebut bisa dilihat pada acara kematian untuk mengenang seseorang yang sudah meninggal.

Ada beberapa jenis bunga mawar yang memiliki mahkota berwarna putih, salah satunya Rosa alba yang konon dibawa dan dikenalkan oleh bangsa Romawi kuno ke Inggris. Rosa alba atau dikenal pula dengan nama White Rose of York ialah mawar jenis hibrida yang merupakan hasil persilangan antara gallicas dengan damas.

Jenis bunga mawar dengan mahkota berwarna putih lainnya juga banyak dijumpai di Indonesia, yaitu mega putih. Mawar mega putih mempunyai ciri khas mahkota yang lebar dan tepinya agak keriting.

Mawar hitam
Bunga mawar hitam dianggap memiliki keunikan tersendiri bagi peminat nya, namun banyak cerita beredar yang di kaitkan dengan bunga ini. Yaitu dikaitkan dengan ilmu hitam, dunia vampir, bahkan ada yang mengatakan bahwa bunga mawar yang satu ini menjadi simbol cinta mati. Itu pendapat sebagian orang, tentu berbeda dengan pendapat Moms.

Sebagian orang ada juga yang menyebut bunga ini  sebagai lambang kebencian dan simbol dari misteri, namun bunga mawar hitam tetap memiliki keindahan dan nilai tersendiri, sehingga perlu untuk dijaga dan dilestarikan keberadaan nya. Bunga mawar yang satu ini keberadaan nya tidak sebanyak bunga mawar yang lain, karena bunga ini hanya tumbuh di Turki, tepat nya di daerah Halfeti.

Menarik, Inilah 4 Jenis Bunga Mawar & Makna Dibalik Warnanya!
source: https://outerbloom.com/blogs/inspirations/mawar-hitam-si-misterius-yang-punya-makna-menarik

Kenapa bunga yang satu ini hanya bisa tumbuh di sana? karena daerah Halfeti mempunyai kondisi tanah yang langka dan berbeda dengan daerah lain. Halfeti letak geografis nya berdekatan dengan sungai Efrat, sehingga berpengaruh pada iklim di sana. Oleh karena itulah yang menjadikan tanaman mawar di sana berwarna magenta tua atau ungu tua yang sangat mendekati warna hitam.

Warna yang ada pada tanaman bunga mawar hitam dipengaruhi oleh pigmen atau zat bernama anthocyanin, zat tersebut biasanya juga terdapat di dalam buah raspberry dan blueberry.
Mawar hitam ini mekar hanya 2 kali dalam setahun, yaitu pada musim gugur dan musim semi, serta lama mekar nya hanya sekitar 15 hari saja.

baca juga

Mawar biru
Mawar biru pada awalnya hanyalah sebuah mawar putih yang dicelupkan ke dalam cairan berwarna biru sehingga menghasilkan bunga warna biru. Sebagaimana diketahui, tidak ada pigmen warna biru alami di dalam bunga-bunga mawar ketika direproduksi dari bunga mawar biru yang sebenarnya dengan cara metode pembiakan tradisional. 

Pada kenyataannya, fakta tentang mawar-mawar biru bukanlah sesuatu yang baru. Mawar biru diciptakan secara tradisional dengan pewenteran (pewarnaan) pada mawar-mawar putih. Ada juga mawar-mawar imitasi yang diproduksi dengan jalan pencampuran keturunan secara tradisional. Tetapi para peneliti berkata bahwa warnanya lebih mirip pada warna magenta.

Menarik, Inilah 4 Jenis Bunga Mawar & Makna Dibalik Warnanya!
source: https://m.tokopedia.com/youniqe-garden/mawar-biru-blue-roses-plants-tanaman-bunga-mawar-biru-asli-hoax

Bunga mawar biru ini melambangkan suatu misteri dan rasa kekaguman tersendiri dan juga mengekspresikan kesempurnaan dalam diri.

Berikut tadi ulasan mengenai bunga mawar yang beraneka warna, cantik-cantik ya Moms?