Sayangnya, tubuh yang tidak bergerak membuat aliran darah menjadi melambat. Kondisi inilah yang dapat berisiko memperparah keadaan. Untuk itu, cobalah konsultasikan pada dokter apakah Mommy bisa melakukan olahraga di trimester pertama kehamilan. Jika diizinkan, berikut ini adalah panduan olahraga di trimester pertama kehamilan.

Olahraga Untuk Ibu Hamil

Olahraga Ibu Hamil di Trimester Pertama, Aman untuk Moms dan Janin
source: https://www.momsintofitness.com/


Olahraga merupakan sebuah aktivitas fisik yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Sayangnya, jika salah dilakukan, aktivitas fisik ini kerap menimbulkan cidera, apalagi jika dilakukan oleh orang-orang yang dalam keadaan khusus seperti wanita hamil. Namun, ternyata ada beberapa olahraga aman untuk ibu hamil yang direkomendasikan untuk dilakukan sejak awal kehamilan. Meskipun begitu, tetap dibutuhkan konsultasi dan izin dari dokter kandungan terlebih dahulu.
 


Olahraga Ibu Hamil Muda
 

Olahraga Ibu Hamil di Trimester Pertama, Aman untuk Moms dan Janin
source: https://sg.theasianparent.com/


Ibu yang sedang hamil muda relatif memiliki kandungan yang masih lemah. Itulah yang menjadi alasan mengapa banyak aktivitas fisik yang dilarang untuk dilakukan oleh ibu hamil. Namun, jika Mommy merasa berdiam diri di tempat tidur membuat tubuh menjadi semakin lemas dan lesu, cobalah untuk mengkonsultasikan diri pada dokter kandungan. Tanyakan apakah olahraga ringan boleh dilakukan di trimester pertama kehamilan?
 

baca juga


Olahraga Ibu Hamil Trimester 1
 

Olahraga Ibu Hamil di Trimester Pertama, Aman untuk Moms dan Janin
source: https://www.treadmillreviewguru.com/


Selama menjalani kehamilan di trimester pertama, Mommy memang perlu memastikan tubuh selalu dalam keadaan fit sehingga perkembangan kandungan dan janin dapat berjalan lancar. Apabila dokter sudah mengizinkan untuk melakukan aktivitas olahraga ringan, cobalah untuk melakukan beberapa gerakan pemanasan setiap pagi dan sore hari. Gerakan pemanasan ini tidak harus membuat Mommy berkeringat. Yang terpenting semua otot bergerak dan aliran darah menjadi lebih lancar.
 


Nah, berikut ini adalah video tutorial untuk olahraga di kehamilan trimester pertama :
 

youtube:_9i1RFqR1Xk
source: https://www.youtube.com/watch?v=_9i1RFqR1Xk
20 Minute First Trimester Prenatal Cardio Workout-- Also Good For Any Trimester of Pregnancy


 

baca juga


Olahraga Ibu Hamil Trimester 2
 

Olahraga Ibu Hamil di Trimester Pertama, Aman untuk Moms dan Janin
source: https://www.babycenter.com/


Setelah memasuki trimester kedua kehamilan, Mommy sudah mulai bisa melakukan aktivitas olahraga yang lebih berat. Salah satu yang direkomendasikan adalah yoga. Nah, untuk melakukan gerakan yoga pranatal dengan lebih tepat dan aman, cobalah untuk mendaftarkan diri pada beberapa kelas yoga. Dengan begitu, Mommy dapat berolahraga dengan diawasi dan dibimbing oleh ahlinya.
 


Olahraga Ibu Hamil Sebelum Tidur
 

Olahraga Ibu Hamil di Trimester Pertama, Aman untuk Moms dan Janin
source: https://www.healthhub.sg/


Nah, terakhir, olahraga untuk ibu hamil juga lebih direkomendasikan agar dilakukan sebelum tidur. Mommy dapat melakukan gerakan-gerakan pendinginan ringan sambil mengatur pernafasan agar menjadi lebih tenang dan teratur. Dengan begitu, tidur Mommy akan menjadi lebih nyenyak.