Aturan ini disepakati oleh semua ahli kesehatan, bahwa bayi dengan usia 6 bulan ke bawah hanya boleh mengonsumsi ASI atau susu formula khusus untuk menggantikan ASI. Asupan makanan dan minuman lain selain itu, tidak diperbolehkan termasuk air putih dan madu. Kira-kira apa, ya penyebabnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pencernaan Bayi Yang Belum Siap

Makanan Tambahan untuk Bayi 1 Bulan, Mengapa Berbahaya?
source: https://parenting.firstcry.com/


Seperti yang sudah diketahui semua orang, kebutuhan nutrisi makanan bayi 1 bulan harus penuhi dengan optimal untuk membuat pertumbuhan dan perkembangannya menjadi lancar dan baik. Itulah sebabnya banyak orang menganggap bahwa asupan makanan tambahan sejak dini diperlukan untuk menambah asupan nutrisi tubuh si kecil. Padahal, di usia yang masih sangat kecil, pencernaan bayi hanya bisa mencerna ASI saja. 
 


Belum Memiliki Kemampuan Menelan
 

Makanan Tambahan untuk Bayi 1 Bulan, Mengapa Berbahaya?
source: https://www.ebrookosteopathy.co.uk/


Makanan bayi 1 bulan selain ASI yang biasa diberikan dapat berisiko membuat si kecil tersedak. Hal ini juga termasuk pisang yang dihaluskan ataupun bubur puree yang memang sudah dibuat cair. Namun, kemampuan ini akan berkembang perlahan seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia si kecil. Itulah sebabnya pemberian makanan pendamping ASI baru direkomendasikan saat si kecil memasuki usia 6 bulan.
 

baca juga


Gerakan Lidah Yang Masih Minim
 

Makanan Tambahan untuk Bayi 1 Bulan, Mengapa Berbahaya?
source: https://thebabyside.com/


Makanan tambahan untuk bayi 1 bulan, baik itu yang diolah menjadi bentuk cair, akan sangat sulit untuk ditelan oleh bayi karena gerak lidah yang masih sangat minim. Bayi dengan usia 6 bulan ke bawah, khususnya 1 bulan, cenderung hanya memiliki kemampuan menghisap ASI. Kalaupun Mommy memberikan makanan berbentuk cair, makanan itu hanya akan menempel pada langit-langit dan dinding mulut. Pasalnya, bayi belum bisa menggerakkan lidahnya untuk menelan makanan.
 


Belum Bisa Duduk Sempurna
 

Makanan Tambahan untuk Bayi 1 Bulan, Mengapa Berbahaya?
source: https://www.mom365.com/


Makanan yang cocok untuk bayi 1 bulan hanyalah ASI. Hal ini penting karena makanan tambahan lain memerlukan kondisi khusus hingga seorang anak bisa mengonsumsinya dengan baik. Salah satu yang paling penting adalah kemampuan duduk seorang anak yang berpengaruh pada aliran makanan yang ditelannya. Pasalnya, untuk dapat menelan makanan padat, posisi kerongkongan haruslah tegak. Itulah sebabnya Mommy perlu melatih si kecil untuk duduk terlebih dahulu sebelum mulai memberinya makanan tambahan.
 

baca juga


Makanan Sehat Bayi 1 Bulan
 

Makanan Tambahan untuk Bayi 1 Bulan, Mengapa Berbahaya?
source: http://time.com/


Itulah beberapa alasan mengapa asupan makanan tambahan untuk bayi 1 bulan sebaiknya dihindari. Mommy lebih disarankan untuk memberikan ASI eksklusif hingga si kecil berusia 6 bulan. Setelah itu, barulah Mommy boleh mempersiapkan MPASI dengan metode dan menu yang sudah dikonsultasikan dengan dokter anak.