Nanas yang kaya akan serat sangat baik untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi. Tidak hanya itu buah nanas juga dipercaya dapat mengobati diabetes. Namun benarkah demikian? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Buah Nanas 

Ternyata mengonsumsi nanas secara rutin dan dalam porsi yang cukup memiliki banyak manfaat untuk tubuh, berikut ini beberapa manfaat yang di dapat dari mengonsumsi nanas.

  1. Melancarkan pencernaan 
  2. Mencegah kanker
  3. Melindungi jantung 
  4. Menjaga kesehatan tulang 
  5. Mencegah penggumpalan darah
  6. Melawan radikal bebas
  7. Meningkatkan daya tahan tubuh
  8. Membuat tulang lebih sehat
  9. Menyehatkan mata
  10. Sebagai anti-inflamasi.

​​​​​
source : https://independent.co.uk

 

Buah Nanas untuk Penderita Diabetes 

Buah nanas bisa di komsumsi oleh penderita diabetes namun harus benar-benar memperhatikan dan mengikuti pedoman asupan karbohidrat untuk mencegah kadar gula darah agar ​​tetap sehat dan stabil. Penderita diabetes dapat menggabungkan buah nanas ke dalam rencana makanan sehari-hari, namun tetap harus dilakukan dengan sangat hati-hati. 

Buah nanas segar adalah buah yang kaya akan nutrisi dan sangat menyehatkan tubuh jika rutin dikonsumsi. Buah nanas segar lebih sehat jika dibandingkan dengan buah nanas kalengan atau yang sudah dijadikan jus. Selain itu, pastikan bahwa mengimbanginya dengan asupan vitamin, mineral dan karbohidrat lainnya dengan seimbang.

Hindarilah makanan yang kaya akan lemak seperti makanan olahan dan makanan yang kaya gula layaknya roti putih, kue pretzel, oatmeal instant, dan juga biskuit asin yang akan memberikan dampak sangat buruk bagi penderita diabetes.

 

source : https://www.everydayhealth.com

 
baca juga

Manfaat Buah Nanas untuk Diabetes 

Mengonsumsi buah nanas bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1, ini akan membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Pada penderita diabetes tipe 2, itu menghasilkan peningkatan gula darah, insulin, dan tingkat lipid. 

Buah nanas memiliki kandungan bromelin, bromelin adalah enzim protease dari tanaman nanas yang telah dibuktikan baik in vitro dan in vivo efektif sebagai anti inflamasi dan imunomodulator. 
 

source : https://www.momjunction.com

 

Dampak Mengonsumsi Buah Nanas Bagi Penderita Diabetes 

Mengonsumsi buah nanas secara berlebihan bagi penderita diabetes dapat memberikan dampak buruk. Makan buah nanas dapat menghasilkan efek negatif pada kadar glukosa dalam darah. Hal ini disebabkan karena nanas mengandung gula lebih tinggi dibanding buah-buahan lainnya. 

Sebagian besar buah-buahan memiliki indeks glycemic rendah yang artinya tidak memiliki dampak yang terlalu signifikan terhadap kandungan gula dalam darah asalkan tetap dimakan dalam ukuran tertentu.

Namun, buah nanas memiliki indeks glycemic menengah atau medium, bahkan cenderung tinggi karena mengandung jumlah serat yang kecil. Serat merupakan nutrisi yang cukup penting yang dibutuhkan bagi penderita diabetes. Serat yang cukup dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah, serta membantu sistem kardiovaskular dan pencernaan.

 

baca juga

Obat Alami untuk Diabetes 

  •  Kunyit 
Kunyit dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2 yang terjadi pada orang yang mengalami prediabetes. Karena kunyit mengandung zat antioksidan dan zat yang mempunyai efek anti-diabetes. Selain itu kunyit juga terbukti dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes.
  • Jahe 
jahe mengandung zat anti-inflamasi dan bermanfaat sebagai obat diabetes alamialami karena dapat membantu mengurangi kadar gula darah.
  • Jinten hitam 
Jinten hitam dipercaya memiliki efek menurunkan gula darah dari. Salah satu penyebabnya adalah karena jintan hitam dapat menghambat metabolisme glukosa pada hati.

Nah, itulah Moms penjelasan mengenai buah nanas sebagai obat diabetes. Semoga artikel di atas bermanfaat.