Penyebab Amandel


Peradangan amandel (tonsilitis atau tonsilofaringtis) adalah kondisi ketika amandel atau tonsil mengalami radang atau infeksi. Amandel sendiri merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat di tenggorokan yang berfungsi untuk mencegah infeksi. 

Peradangan amandel bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab yang paling umum adalah infeksi virus. Virus yang sering menyebabkan peradangan ini adalah influenza, coronavirus, adenovirus, Epstein-Barr virus, dan herpes simplex virus. Selain virus, radang amandel juga bisa disebabkan oleh bakteri.

Gejala radang amandel akut ditandai dengan pembengkakan amandel hingga menyebabkan demam, nyeri ketika menelan, dan muntah.

Penyebab Amandel
source: https://www.halodoc.com


 

Cara Mengolah Nanas untuk Obat Amandel


Tak perlu harus operasi amandel. Nanas bisa jadi obat amandel yang mujarab. Kandungan zat pada buah ini memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan bengkak dan mengurangi iritasi pada radang amandel. Selain itu, nanas juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Untuk mengolahnya, moms cukup mengambil dua buah nanas yang telah masak, kupas, kemudian cuci bersih dengan air mengalir. Parut nanas tersebut, lalu peras airnya. Minum air perasan nanas sebanyak 1/4 gelas 2-3 kali dalam sehari. Minuman ini juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Moms juga bisa mengkonsumsi buahnya secara langsung setelah dikupas. Rutin makan nanas tiga kali sehari dapat membantu mengobati penyakit amandel.

Untuk diingat, ada baiknya moms memilih buah nanas yang tidak terasa gatal di tenggorokan. Nanas madu misalnya. Selain itu, jangan juga mengonsumsinya secara berlebihan guna meminimalisir efek samping pada pencernaan.

Cara Mengolah Nanas untuk Obat Amandel
source: https://www.alinea.id

Itu dia manfaat dan cara mengolah nanas sebagai obat amandel. Namun, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter ya. Selalu jaga kesehatan diri dan keluarga, moms.