Nasi Uduk Rice Cooker

Sebagai hidangan utama khas Betawi, Indonesia, nasi uduk memiliki cita rasa yang menarik. Rasa gurih dari air santan ditambah bumbu serta tambahan lauk pauk yang lengkap membuat nasi uduk menjadi hidangan favorit setiap orang. Jika dahulu terasa cukup sulit untuk memasak nasi uduk, nyatanya saat ini moms cukup menggunakan rice cooker saja loh.

Resep Nasi Uduk Rice Cooker

Untuk membuat nasi uduk dengan rice cooker caranya cukup mudah moms. Selain waktu masak yang lebih singkat, bahan-bahan yang digunakan pun kurang lebih sama dengan nasi uduk hasil kukusan. Moms tinggal menyiapkan bahan inti serta bahan pelengkap sebagai bumbu nasi uduk yang telah matang. Berikut bahan dan cara membuatnya moms!

Nasi Uduk Rice Cooker

Bahan Nasi Uduk Rice Cooker

3 cangkir beras
200 ml santan kental
3 lembar daun salam
2 batang serai
garam secukupnya
Bahan pelengkap (sambal, daging ayam, mentimun, tempe orek dll)
 
Cara Membuat Nasi Uduk di Rice Cooker

  • Cuci beras hingga bersih dan masukan ke dalam rice cooker, tuangkan santan kental, aduk hingga rata. Setelah diaduk, masukan serai, daun salam dan garam secukupnya.
  • Nyalakan rice cooker hingga kurang lebih 20 menit, buka rice cooker lalu aduk perlahan dan tutup kembali.
  • Setelahnya nasi uduk matang, aduk kembali nasi hingga gembur. Atau bisa dikukus kembali kurang lebih 10 menit supaya memiliki hasil yang sama dengan nasi kukusan yang tanak.
  • Siap dan sajikan dengan bahan pelengkapnya moms!
Bahan Nasi Uduk Rice Cooker
baca juga

Tips Membuat Nasi Uduk dengan Rice Cooker

  • Menggunakan santan yang lebih banyak dari jumlah santan untuk membuat nasi uduk dengan cara manual, agar nasi lebih gurih
  • Perhatikan santan yang akan digunakan, santan kental akan menghasilkan nasi uduk yang gutih namun kurang mekar. Sedangkan santan encer, nasi akan lebih mekar namun kurang gurih.
  • Jenis beras bisa dipilih sesuai keinginan, bisa yang berbentuk panjang ataupun bulat. serta bisa pilih beras medium yang tidak terlalu pulen atau tidak terlalu pera, supaya hasil nasi tidak lengket atau justru terpencar-pencar.
  • Setelah nasi matang jangan langsung membuka bagian tutupunya. Jika langsung dibuka, uap akan cepat keluar dan nasi uduk akan lebih cepat kering.
  • Usahakan mengaduk nasi uduk setelah matang hingga gembur dan matang secara merata.