Tidak hanya perlengkapan bayi lho Moms yang harus disiapkan. Tapi mempersiapkan diri menghadapi momen melahirkan merupakan hal yang penting. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan kelahiran adalah olahraga di trimester terakhir. Mengapa olahraga ibu hamil trimester 3 begitu penting? Yuk Moms simak ulasannya berikut ini.

Mengapa olahraga ibu hamil trimester 3 dan olahraga ibu hamil trimester 2 menjadi begitu penting? Hal ini bertujuan agar badan Moms tetap fit ketika menghadapi proses melahirkan. Selain itu, olahraga ibu hamil trimester 3 dapat melancarkan persalinan Mommies nanti. Banyak kok Moms olahraga aman untuk ibu hamil yang bahkan bisa Moms lakukan sendiri di rumah. Apa saja olahraga ibu hamil agar mudah melahirkan? Ini daftarnya.

Squatting


Olahraga ibu hamil sebelum tidur yang pertama adalah squatting atau jongkok berdiri. Olahraga ini akan membantu Mommies mengencangkan dan mengendurkan otot-otot panggul Moms. Otot-otot tersebut akan terlatih dan menguat, dan nantinya akan memperlancar proses persalinan Mommies nanti.

Squatting
source: https://hamil.co.id/

Cara melakukan squatting juga mudah kok, Moms. Moms cukup berdiri dan memposisikan jarak kaki selebar bahu. Lalu turunkan badan hingga posisi jongkok dengan punggung yang tegak. Tahan posisi ini kurang lebih 30 menit, lalu berdiri lagi ke posisi semula. Ulangi gerakan ini hingga 20 menit ya, Moms.
 

baca juga

Jalan Kaki


Olahraga aman untuk ibu hamil yang kedua adalah jalan kaki. Wah ini tentu olahraga yang sangat mudah, ya. Moms bisa melakukan olahraga ini dimana saja. Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil adalah mengurangi penumpukan lemak dan meningkatkan fleksibilitas otot. Selain itu, berjalan kaki dapat merangsang kontraksi alami sebelum persalinan. Sebaiknya Moms melakukan olahraga jalan kaki ini selama 30 menit saat pagi dan sore.

Jalan Kaki
source: https://www.klikdokter.com/


 

Berenang


Kata siapa ibu hamil tidak boleh berenang? Justru berenang merupakan salah satu olahraga aman untuk ibu hamil. Berenang dapat merelaksasi otot punggung, panggul dan tungkai hingga menjaga kesehatan jantung. 

Berenang
source: https://www.klikdokter.com/


 

baca juga

Yoga


Yoga juga termasuk olahraga ibu hamil trimester 3 yang dianjurkan untuk ibu hamil. Beberapa gerakan yoga yang baik untuk ibu hamil adalah vakrasna yaitu gerakan memutar panggul ke kiri dan kanan. Kemudian gerakan utkatsana, konasana, dan pravatsana yang sangat berguna untuk melatih otot panggul, punggung, perut, dan paha.

Yoga
source: https://ohayo.co.id/

Nah, Moms itu tadi daftar olahraga ibu hamil agar mudah melahirkanMoms bisa melakukan sendiri di rumah kok, jadi selamat mencoba ya, Moms.