Apa Itu Asam Lambung?


Asam lambung adalah kondisi ketika asam lambung naik menuju esofagus sehingga terasa nyeri pada ulu hati. Penyebab asam lambung sebenarnya tidak selalu karena makanan yang terasa asam saja, tapi juga beberapa faktor lain seperti keturunan, stres, pengaruh obat-obatan tertentu, kelebihan berat badan, hamil, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan banyak lagi.

Apa Itu Asam Lambung?
source: https://www.organicfacts.net


 

Manfaat Nanas untuk Asam Lambung


uah nanas punya beberapa manfaat yang baik untuk lambung. Salah satunya adalah dengan mengurangi peradangan yang terjadi pada lambung. Selain itu, kandungan phytochemical di dalamnya juga akan membantu mengontrol asam lambung.

Hal inilah yang membuat beberapa orang percaya dengan buah nanas untuk mengobati asam lambung. Meski demikian, tidak semua penderita asam lambung atau GERD bisa mengonsumsi buah nanas. 

Manfaat Nanas untuk Asam Lambung
source: https://www.independent.co.uk


 

baca juga

Bahaya Nanas untuk Asam Lambung


Meski sebagian orang bisa mengonsumsi nanas dengan aman, nanas untuk asam lambung juga bisa berbahaya. Karena kadar pH-nya sekitar 3-4, buah ini memang bersifat sangat asam. Bromelain yang terkandung di dalamnya bekerja dengan memecah protein dalam tubuh termasuk dinding lambung sehingga bisa berbahaya untuk Moms yang sangat rentan dengan asam.

Jadi, sebelum menggunakan buah ini sebagai obat untuk asam lambung Moms, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah Moms bisa mengonsumsi buah ini atau tidak.

Bahaya Nanas untuk Asam Lambung
source: https://www.everydayhealth.com


 

Cara Mengonsumsi Buah Nanas Jika Moms Menderita Asam Lambung


Untuk lebih amannya, penderita asam lambung memang harus berhati-hati jika ingin mengonsumsi buah nanas. Pilih yang sudah benar-benar matang dan terasa manis. Selain itu, makanlah buah nanas setidaknya 1 jam setelah makan dan jangan dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong.

Cara Mengonsumsi Buah Nanas Jika Moms Menderita Asam Lambung
source: https://www.someecards.com

Buah nanas memang memiliki kandungan asam yang sangat tinggi, sehingga tidak semua orang dengan asam lambung bisa mengonsumsinya. Namun jika Moms termasuk penderita asam lambung dan sedang sangat ingin mencicipi buah ini, pastikan mengonsumsinya dengan tidak berlebihan, ya.