Menggunakan Bayam yang Masih Segar


Tips pertama agar kuah bayam bening dimulai dari pemilihan daun bayam yang akan dimasak. Pastikan bayam yang akan Moms gunakan masih segar dan tidak layu. Usahakan untuk segera mengolah bayam yang baru dibeli dan jangan disimpan terlalu lama dalam lemari es. Bayam yang terlalu lama disimpan akan meningkatkan kadar nitrit sehingga tidak baik untuk dikonsumsi.

Menggunakan Bayam yang Masih Segar
source: https://www.beritasatu.com


 

Memasak dengan Panci Stainless Steel


Panci yang Moms gunakan juga berpengaruh dengan warna kuah bayam nantinya. Agar kuah tidak berwarna kehitaman, pastikan Moms menggunakan panci stainless steel, jadi bukan terbuat dari besi ataupun alumunium. Hal ini karena senyawa zat besi pada sayur bayam dapat berekasi dengan panci besi atau alumunium, hal ini yang membuat kuahanya dapat berubah kehitaman lebih cepat. 

Memasak dengan Panci Stainless Steel
source: https://www.idntimes.com


 

baca juga

Beda Warna Kuah Sayur Bayam Merah dan Hijau


Kuah bayam merah biasanya juga akan ikut berwarna kemerahan. Hal ini karena kandungan betakaroten di dalamnya yang sangat tinggi. Hal ini membuat sayuran ini juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami. Sebaliknya, kuah bayam berwarna hijau bening jika Moms menggunakan daun bayam hijau. 

Beda Warna Kuah Sayur Bayam Merah dan Hijau
source: https://www.kompasiana.com


 

Jangan Memanaskan Sayur Bayam


Tips selanjutnya adalah tidak memanaskah sayur bayam kembali. Sebaiknya sayur bayam memang segera dimakan dan dihabiskan kurang dari 6 jam setelah memasak. Memang kuah bayam dipanaskan umumnya tidak berwarna kehitaman, namun ada hal lain yang membuat sayur bayam memang tidak untuk dikonsumsi lagi setelah lebih dari 6 jam. 

Jangan Memanaskan Sayur Bayam
source: https://www.simplyrecipes.com

Ketika dipanaskan kandungan zat besi dengan senyawa kimi Fe2+ yang awalnya baik untuk tubuh akan teroksidasi dan berubah menjadi Fe3+ yang tidak baik untuk tubuh. Selain itu kandungan gizinya juga jauh berkurang sehingga membuat sayuran ini tidak lagi baik untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya Moms memasak sayur bayam dalam jumlah sedikit saja untuk memastikan agar sayur tersebut langsung habis.

Nah, itulah tadi beberapa serba-serbi tentang sayur bayam dan bagaimana cara memasaknya agar tidak berwarna kehitaman. Semoga membantu, ya!