Pressurised Metered Dose Inhaler


Inhaler ini mengeluarkan obat dari dalam alat saat ditekan. Obat yang berada dalam tabung berbentuk cair atau gas. Ketika Moms menekan alat ini, maka obat yang berada di dalam tabung akan berubah menjadi spray yang sangat halus. 

Pressurised Metered Dose Inhaler
source: http://www.pharmtech.com/

Inhaler asma jenis pressurised ini adalah inhaler harus dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Dari semprotan pertama ke semprotan kedua harus diberikan jeda kurang lebih 30-60 detik. Jadi, tidak bisa langsung menekan 2 kali semprot.
 

Breath Activated Inhaler


Inhaler asma jenis breath activated, saat menarik napas obat akan keluar dari wadahnya dan masuk ke paru-paru. Itulah mengapa disebut dengan breath-activated inhaler. Inhaler jenis ini biasanya digunakan untuk pasien lanjut usia, yang memiliki kesulitan menekan pressurised inhaler.

Breath Activated Inhaler
source: https://business.medicaldialogues.in/


 

baca juga

Dry Powder Inhaler


Inhaler asma jenis ini merupakan inhaler asma untuk anak. Karena inhaler jenis ini digunakan pada pasien yang memiliki kesulitan atau tidak mau menggunakan pressurised inhaler. Obat dalam alat inhaler ini akan keluar dari alat dalam bentuk serbuk yang sangat halus saat menarik napas.

Obat yang tersedia dalam dry powder inhaler berbentuk serbuk dalam wadah multi dosis atau dalam bentuk kapsul yang harus dimasukkan ke dalam alat sebelum penggunaan.

Dry Powder Inhaler
source: http://www.z-id.com/

Sedangkan inhaler asma untuk ibu hamil, sebaiknya Moms memilih menggunakan salah satu inhaler asma di atas dari pada pil asma untuk ibu hamil. Karena obat dalam inhaler asma akan sedikit terserap oleh bayi dalam kandungan dibandingkan dengan pil. 

Untuk inhaler asma harga tentu sangat beragam Moms. Moms bisa membelinya di toko-toko online seperti blibli, bukalapak, dan tokopedia dengan harga Rp 120 Ribu hingga Rp 200 Ribu. Selamat mencoba ya, Moms.