Puasa Ramadan 2019 Jatuh Pada 6 Mei


Puasa Ramadan 2019 akan jatuh pada 6 Mei. Meskipun begitu, kita tetap harus menunggu keputusan pemerintah terlebih dahulu. Jika hilal atau bulan muda sudah mulai muncul, maka umat islam bisa memulai ibadah tarawih di malam harinya. Begitu juga dengan berakhirnya puasa, jika hilal sudah muncul di bulan berikutnya, maka kita bisa merayakan hari kemenangan, Idul Fitri.

Source: https://terasjabar.id

Puasa Menahan Lapar dan Dahaga


Anak-anak harus tahu tentang puasa. Moms bisa menjelaskan ini padanya.
 
Puasa merupakan kegiatan menahan lapar dan dahaga sebagaimana yang dirasakan oleh orang miskin. Berpuasa dimulai dari fajar hingga terbenamnya matahari dan dilakukan selama satu bulan penuh.
 
Pada saat berpuasa kita juga diwajibkan menjauhi segala larangan-Nya seperti berkata dusta, berkata kasar dan sebagainya. 

Source: https://hellosehat.com
baca juga

Puasa Menyehatkan Tubuh


Anak-anak biasanya akan bertanya kenapa kita harus berpuasa? Moms bisa menjelaskan, bahwa puasa merupakan rukun islam yang ketiga. Dengan berpuasa menunjukan kita taat kepada Allah SWT. Jika melakukannya secara ikhlas, maka kita akan mendapatkan pahala dan ampunan dosa.
 
Puasa juga menyehatkan badan loh. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa puasa melancarkan metabolisme tubuh  dan mengobati berbagai penyakit. Dokter akan menganjurkan pasiennya berpuasa sebelum operasi. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi.

Source: https://suaranasional.com

Syarat Puasa Ramadan


Ada beberapa syarat menjalankan ibadah puasa ramadan.

  • Beragama islam dan sudah berumur balig. Tanda baligh pada anak perempuan biasanya ditandai dengan menstruasi dan pada anak laki-laki ditandai dengan keluarnya sperma atau mimpi basah. Biasanya pada umur 15 tahun mereka sudah balig. 
  • Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa yaitu makan, minum, muntah dengan sengaja, dan mengeluarkan air mani/bersetubuh. Orang yang melanggar perkara tersebut harus menggantinya dengan berpuasa di lain hari. 
  • Suci dari haid atau nifas. Wanita yang sedang menstruasi atau nifas setelah melahirkan haram untuk berpuasa. Mereka boleh berpuasa jika darah sudah berhenti keluar dan melakukan mandi wajib. 
  • Bisa membedakan yang mana baik dan buruk, dalam islam disebut dengan mumayizz. Kalau kita bisa membedakan keduanya berarti memiliki akal sehat dan diperbolehkan puasa. 
  • Niat berpuasa. Sebelum memulai puasa atau setelah sahur, kita diwajibkan melafalkan niat.​​​​​​
    Source: https://mamapapa.id
baca juga

Tata Cara Puasa


Moms perlu mengajarkan tata cara berpuasa pada anak.

  1. Anak diajak untuk makan sahur. Jangan lupa membaca niat sebelum Imsak.
  2. Setelah sahur anak diajak untuk menggosok gigi agar mulut bersih dari makanan.
  3. Menjalankan ibadah puasa dimulai fajar hingga matahari tebenam.
  4. Selama berpuasa, anak diajarkan untuk menghindari larangan-Nya dan melaksanakan perintah-Nya seperti sholat dan sedekah.
  5. Jika azan magrib sudah berkumandang, anak diperbolehkan berbuka dengan minum dan makan makanan yang manis terlebih dahulu.
  6. Sholat magrib bersama setelah itu makan makanan besar seperti nasi.
  7. Diajak untuk salat tarawih. 
    Source: https://nakita.grid.id