Sudahkah moms tahu pulau apa yang dijuluki sebagai pulau seribu masjid? Ya, pulau Lombok.
Pulau yang sudah terkenal hingga ke mancanegara karena keeksotisan pantainya ini ternyata
masih kental dengan ajaran agama yang dianut oleh kebanyakan penduduk lokal, hingga dijuluki
sebagai pulau seribu masjid.

Salah satu hal menarik dari masyarakat Lombok adalah mereka tidak pernah pelit dalam hal menyumbangkan harta mereka guna membangun masjid-masjid yang indah. Mereka bahkan mau menyisihkan 50% dari penghasilannya untuk membangun masjid. Bagi masyarakat Lombok, lebih baik rumah mereka biasa-biasa saja asalkan masjid-masjid bisa dibangun dengan indah. Mulia sekali ya!

Melihat Indahnya Lombok yang Dijuluki Pulau Seribu Masjid Sejuta 'Maling'

Asal-usul Julukan Pulau Seribu Masjid

Julukan pulau seribu masjid diberikan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Effendi
Zarkasih, pada tahun 1970 silam ketika kunjungan dinasnya ke Lombok guna meresmikan Masjid
Jami' Cakranegara. Effendi terkesan melihat banyaknya masjid yang ada di pulau tersebut. Tak
hanya secara kasat mata, banyaknya masjid di Lombok juga dibuktikan dengan data yang
menyebutkan bahwa di pulau dengan luas 5.435 km persegi ini terdapat 3.767 masjid besar dan
5.184 masjid kecil di 518 desa di Lombok. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah
mengingat begitu besarnya animo masyarakat dalam keikutsertaan pembangunan masjid.

Asal-usul Julukan Pulau Seribu Masjid
baca juga

Ciri Khas Pulau Seribu Masjid

Kubah-kubah besar dengan menara yang tinggi adalah pemandangan yang akan menyambut siapapun yang baru mau mendarat ke pulau Lombok. Tak hanya itu, hamparan perbukitan yang masih hijau serta birunya laut pantai yang menyegarkan mata juga adalah ciri khas dari pulau ini.

ak hanya budaya islam yang kental terlihat dari banyaknya jumlah masjid, Lombok juga terdengar gaungnya hingga mancanegara karena wisata halalnya serta keberadaan berbagai pantai berpasir putih yang indah seperti pantai Senggigi, pantai Tanjung Aan, dan pantai Selong Belanak. Salah satu gunung berapi terindah juga terdapat di pulau ini dan mampu menarik ratusan wisatawan, gunung tersebut adalah gunung Rinjani.

Ciri Khas Pulau Seribu Masjid

Budaya Masyarakat Sasak

Banyaknya masjid di Lombok tak bisa dilepaskan dari budaya suku penduduk lokal setempat yaitu suku Sasak. Ajaran agama islam dapat diterima sepenuhnya oleh suku ini karena ideologi para pendahulu mereka yaitu Sak Sha yang berarti yang satu, serta Lomboq yang berarti lurus.

Sebelum menganut islam sebagai agama mayoritas, orang sasak terdahulu menganut kepercayaan mistis-animisme, mereka percaya akan mitos Dewi Anjani dan bergantung pada gunung Rinjani sebagai pusat orientasi. Kedatangan Islam akhirnya menarik perhatian mereka karena dianggap lebih relevan dengan ideologi suku Sasak dibanding dengan agama-agama lain.

Budaya Masyarakat Sasak
baca juga

Julukan Pulau Sejuta Maling

Tak hanya dijuluki sebagai pulau seribu masjid, julukan yang cukup kontras juga diberikan pada pulau ini, yaitu pulau sejuta maling. Kenapa bisa demikian?

Julukan ini berasal dari salah satu desa tertua di Lombok yaitu desa Sade. Desa yang telah dijadikan sebagai desa wisata ini seluruh penduduknya beragama islam, dan bisa dikatakan bahwa satu desa ini adalah keluarga karena masing-masing dari penduduk desa menikah dengan sepupu atau warga desa setempat karena mahar yang diperlukan tidak memberatkan, yaitu berupa seperangkat alat sholat.

Uniknya mereka memiliki tradisi 'aneh' yang dilakukan sebelum melangsungkan pernikahan, yaitu para pria diharuskan untuk menculik dan melarikan gadis pujaannya sebelum dinikahi. Setelah diculik warga setempat akan menyebutnya dicuri seperti maling. Lalu orang tua pihak laki-laki akan meminta penengah yang disebut Penyelabar untuk dipertemukan dengan pihak keluarga perempuan.

Penyelabar inilah yang akan melaporkan kepada ketua adat dan orang tua perempuan, mengabarkan bahwa anak gadis orang tua tersebut telah dilarikan oleh seorang pria untuk dinikahi secara serius.

Jadi julukan pulau sejuta maling ternyata tidak ada hubungannya dengan keamanan pulau ini, moms yang berencana untuk mengunjungi pulau ini pun tak perlu khawatir.

Julukan Pulau Sejuta Maling