Bagi sebagian orang, jerawat adalah salah satu masalah kulit yang tak kunjung usai. Jerawat
menjadi musuh yang selalu saja muncul, terutama bagi yang memiliki jenis kulit berminyak. Tak
hanya karena jenis kulit, jerawat juga dapat muncul karena beberapa faktor seperti hormon,
stres, makanan, sampai polusi dan faktor kebersihan kulit wajah. Jika jerawat sudah menjadi
masalah rutin yang selalu muncul, maka salah satu cara pencegahan yang efektif dan aman
adalah penggunaan masker dari bahan alami.

Bahan-bahan alami memiliki resiko meninggalkan residu yang lebih sedikit pada kulit, jadi cenderung lebih aman digunakan bagi kulit yang memiliki jerawat meradang sekalipun. Satu hal yang perlu diperhatikan jika memilih melakukan perawatan kulit berjerawat dengan masker alami ini adalah ketekunan dan konsistensi.

5 Masker Wajah Alami yang Ampuh Atasi Jerawat dan Bikin Glowing, Apa Saja?

Masker Alpukat dan Madu

Alpukat kaya akan vitamin E yang mampu menembus pori-pori sehingga ampuh meredakan peradangan pada kulit, sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Kombinasi dua bahan ini akan ampuh meredakan jerawat serta menghilangkan bekasnya. Cara membuat masker alpukat dan madu yaitu, ambil setengah bagian alpukat kemudian tumbuh hingga halus. Tambahkan 1 sendok madu, aduk rata kemudian oleskan pada wajah yang telah bersih. Diamkan sekitar 15 menit hingga masker meresap lalu bilas dengan air hangat.

Masker Alpukat dan Madu
baca juga

Masker Yogurt dan Madu

Di dalam yogurt terkandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat
membantu menghilangkan sel kulit mati penyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat, dan madu bersifat anti bakteri. Campuran ke dua bahan ini akan efektif dalam mempercepat proses
penyembuhan jerawat. Cara membuat masker yogurt dan madu adalah mencampurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt plain, lebih baik yang berbentuk cream, kemudian aduk hingga rata. Oleskan pada seluruh wajah, diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Masker Yogurt dan Madu

Masker Pisang dan Kunyit

Pisang adalah buah yang kaya akan potasium dan vitamin E. Kandungan tersebut mampu
melembabkan kulit serta mencerahkan kulit wajah. Selain itu kandungan laktin pada pisang juga
dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Sedangkan dalam kunyit terkandung kurkuminoid yang memiliki khasiat untuk mengobati kulit yang meradang. Kombinasi dua bahan ini selain dapat meredakan jerawat, juga berfungsi untuk mencerahkan kulit yang memiliki noda bekas jerawat.

Cara pembuatannya:

  • haluskan 1 biah pisang lalu campurkan dengan 1/2 sdm bubuk kunyit.
  • Aduk hingga tercampur lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.
  • Bisa juga menambahkan 1/2 sdm soda kue pada adonan masker jika ada jerawat meradang yang ingin segera dikeringkan.
Masker Pisang dan Kunyit
baca juga

Masker Bawang Putih

Fungsi anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan anti septik pada bawang putih akan dapat
membantu menghilangkan peradangan hingga menjaga kesehatan kulit. Kandungan zat sulfur pada bawang putih juga ampuh untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Untuk membuat masker jerawat dengan bawang putih caranya cukup hancurkan 1 siung bawang hingga halus lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Atau potong 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian lalu gosokkan pada bagian kulit yang berjerawat. Tunggu 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. 

Masker Bawang Putih

Masker Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengikis sel kulit mati, pepaya juga mengandung
antioksidan yang mampu mencerahkan kulit serta mengatasi kulit yang kemerahan akibat peradangan yang ditimbulkan jerawat. Cara membuat masker pepaya untuk kulit berjerawat sangat mudah, pertama potong dadu buah pepaya kemudian haluskan hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta pepaya selama 20 menit pada wajah sebelum dibilas dengan air hangat. Untuk menambah efektivitas masker ini, bisa ditambahkan 1 sdm madu atau perasan lemon.

Masker Pepaya