Kepiting kenari disebut juga sebagai kepiting kelapa merupakan jenis kepiting yang terkenal dengan keahlian mengupas kelapa dengan capitnya. Kepiting ini sekarang menjadi hewan langka yang terancam akan kepunahannya. 

Sebenarnya, dengan kemajuan teknologi, orang - orang sudah bisa membudidayakan sendiri kepiting ini di rumah. Namun, biasanya kepiting tersebut hanya diberikan kandang yang kecil dan diberikan makanan dari potongan kelapa. Jadi, inilah yang kemudian membuat kepiting ini menjadi langka dan kemudian akan punah ditelan oleh peradaban.  

Ketam Kenari, Kepiting Langka Berukuran Raksasa yang Terancam Punah

Ciri Fisik dari kepiting kenari

Kepiting kenari mempunyai ciri fisik berat tubuhnya sekitar 4 kg dengan panjang tubuh sekitar 40cm dan bentangan kaki sekitar 200cm. Anggota tubuh dari kepiting kenari itu sendiri adalah dari atas bagian depan (bagian dari kepala dan dada) dengan sepuluh kaki dan organ perut.

Kepiting kenari jantan biasanya lebih besar daripada si betina. Sepasang kaki depan berfungsi untuk mengupas kelapa serta mengangkat benda lainnya. Sepasang kaki kedua dan ketiga berfungsi sebagai alat untuk memanjat, berjalan, serta melakukan pergerakan lainnya. Sepasang kaki yang keempat berfungsi untuk alat untuk berpegangan pada suatu benda. Terakhir kali sepasang kaki yang kelima berfungsi membersihkan organ pernapasan. Sepasang kaki ini ukurannya lebih kecil dari keempat pasang kaki yang lainnya. Bagaimana mom? Sudah punya gambaran tentang kepiting jenis langka yang satu ini?

Ketam Kenari, Kepiting Langka Berukuran Raksasa yang Terancam Punah

Habitat kepiting kenari di Indonesia

Habitat kepiting kenari berada di bawah tanah atau celah-celah bebatuan. Kepiting jenis ini sangat pandai untuk bersembunyi di tanah yang gembur untuk melindungi diri dari musuhnya predator-predator lingkungan yang lebih besar. Kepiting kenari akan sering ditemukan di areal kecil Samudera Hindia hingga Samudera Pasifik Tengah.

Di Indonesia, habitat yang banyak terdapat kepiting ini adalah di daerah Kepulauan Kawio, Talaud, Sangihe, Togian, dan Banggai. Tempat penyebaran yang paling barat di Indonesia adalah Kepulauan Togian. Kemudian, habitat kepiting ini dapat juga ditemui di Pulau Siompu yang berada di bagian selatan Pulau Buton. Kepiting ini juga banyak ditemukan di daerah Halmahera. Bahkan, daerah tersebut menjadikan kepiting ini makanan khas yang wajib dimakan apabila sedang bepergian ke daerah Halmahera. Jadi, hanya Indonesai bagian timurlah yang mendapat kesempatan untuk menikmati kepiting tersebut. 

baca juga
Ketam Kenari, Kepiting Langka Berukuran Raksasa yang Terancam Punah
Harga kepiting kenari di Indonesia

Untuk harga, kepiting kenari merupakan jenis kepiting yang sangat mahal penjualannya. Di Papua, kepiting kenari mencapai harga Rp300.000 perkilogramnya. Sedangkan di Balikpapan, harga untuk perkilogram kepiting kenari adalah Rp250.000. sedangkan di Pulau Sulawesi sendiri, harga kepiting kenari sebelum diolah mencapai Rp100.000 per ekor. Namun apabila sudah diolah menjadi makanan di restoran, harganya bisa mencapai Rp300.000 – Rp400.000 per porsinya.

Sungguh mahal ya mom? Bagaimana minat untuk membeli kepiting jenis ini mom? Selamat mencoba.