Manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan
Sebelum masuk ke cara membuat cuka apel sendiri, mari kita simak bersama segudang manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan Moms yuk:

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Manfaat yang disediakan pada buah apel sendiri memang sangat mampu untuk menstabilkan tekanan darah yang akan melancarkan peredaran darah. Khasiatnya tidak berubah meskipun buah apel tersebut sudah difermentasi menjadi cuka.

Meredakan Penyakit Rematik
Permasalahan persendian seperti rematik biasanya terjadi karena endapan zat asam disekitar sendi sehingga mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesiumnya berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang juga mampu melawan gejala penyakit osteoporosis atau tulang rapuh.

Bikin Sendiri Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ini Cara Membuatnya, Moms
source: http://www.myfitmagazine.com/these-are-the-4-ways-to-dissolve-kidney-stones-using-apple-cider-vinegar/
Mendetoksinasi / membuang racun dalam tubuh
Cuka apel sangat penting untuk membuang racun dalam tubuh, cuka apel memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu tubuh membuang berbagai racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Menghilangkan noda di gigi
Zat asam dalam cuka apel sangat efektif dalam membersihkan berbagai noda dalam gigi.

Membantu menurunkan berat badan
Cuka apel telah dipercaya berbagai masyarakat di belahan dunia karena efeknya yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dalam minuman lalu meminumnya, efektif untuk menurunkan berat badan bagi Moms yang mengalami masalah berat badan.

Mengatasi gula dalam darah
Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka apel sangat berperan penting dalam menurunkan kadar gula dalam darah yang memungkinkan anda mencegah diabetes. Carol Johnston, PhD, pakar gizi Arizona State University telah mempelajari sari cuka apel selama lebih dari 10 tahun dan percaya dampaknya pada gula darah yang mirip dengan obat-obatan tertentu.

Membuat cuka apel sendiri
Cara membuat cuka apel buatan sendiri memang sangat ekonomis dan berkhasiat. Cuka apel merupakan air fermentasi yang berasal dari bubuk apel, dalam bahasa ilmiah disebut sebagai apple cider vinegar. Sedangkan orang Indonesia menyebutnya dengan cuka apel.

Bikin Sendiri Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ini Cara Membuatnya, Moms
source: https://www.liputan.co.id/2019/01/beberapa-manfaat-sari-cuka-apel-untuk-kesehatan/

Cuka apel memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya terdapat kandungan seperti asam asetat, asam amino, vitamin, garam dan mineral. Oleh karena itu, banyak sekali manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh.

Nah, untuk membuatnya sendiri di rumah. Pertama Moms perlu menyiapkan bahan-bahannya berikut ini:

baca juga

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bikin Sendiri Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ini Cara Membuatnya, Moms
source: http://portaldietsehat.blogspot.com/2016/11/ingin-menurunkan-berat-badan-secara.html?m=1
  • Buah Apel yang sudah dipotong dadu ukuran 1 inch
  • 1 Liter air bersih
  • ¼ cangkir gula pasir, untuk proses fermentasi
  • ¼ cangkir cuka apel organik murni (maksudnya yang belum mengalami proses pemanasan), cuka apel organik ini bertujuan untuk mempercepat proses fermentasi cuka, ini hanya optional, Moms juga bisa untuk tidak menggunakannya.
  • Toples kaca yang berukuran besar

Cara membuat cuka apel sendiri

youtube:vHqxdC5J5GA
source: https://youtu.be/vHqxdC5J5GA
Cara Mudah Membuat Cuka Apel Sendiri di Rumah
  1. Pertama-tama masukkan potongan apel ke dalam toples.
  2. Kemudian siapkan secangkir air yang sudah dicampur dengan gula, lalu tuangkan ke dalam toples yang berisi apel.
  3. Masukkan cuka apel organik (optional).
  4. Lalu tambahkan air sampai semua bagian apel terendam oleh air. Kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Tutup toples serapat mungkin, bila perlu bungkus lagi tutupnya dengan kain, lalu ikat dengan kencang.
  6. Letakkan toples di tempat yang aman dan hangat, hindari terkena langsung sinar matahari. Lalu diamkan 2 sampai 3 minggu.
  7. Setelah 3 minggu, buka toples cuka apel, lalu pindahkan air cuka apel ke wadah atau toples lain, buang potongan apelnya, kemudian masukkan lagi air cuka apel ke toples sebelumnya.
  8. Aduk kembali air cuka apelnya, lalu tutup toples dengan rapat seperti sedia kala. Diamkan lagi selama 2 sampai 3 minggu.
  9. Kemudian Moms bisa memantaunya sekali-kali sambil mengaduk air cuka apel. Sembari mencicipi apakah sudah mendapatkan kadar keasaman yang diinginkan. Bila sudah cukup, maka air cuka apel sudah bisa dikonsumsi.
baca juga

Tips menggunakan dan menyimpan cuka apel
Untuk memanfaatkan cuka apel sebagai toner pada wajah Moms, cara pemakaiannya cukup mudah. Hal pertama yang dilakukan adalah melarutkan cuka apel dengan air. Banyaknya cuka apel dan air yang dibutuhkan tergantung pada jenis kulit.  Disarankan pada kulit sensitif gunakan perbandingan 1:4 antara cuka apel dan air, 1:3 untuk kulit kering, 1:2 untuk kulit normal, dan 1:1 untuk kulit berminyak.

Saat mencoba pertama kalinya, pakar kecantikan menyarankan dengan perbandingan 1:3 meski berkulit normal atau berminyak. Setelah itu gunakan secara bertahap sampai kulit terbiasa dengan cuka apel. Indera penciuman Moms juga harus terbiasa dengan baunya yang menyengat.

Bikin Sendiri Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ini Cara Membuatnya, Moms
source: https://www.google.co.id/amp/bogor.tribunnews.com/amp/2018/11/17/5-cara-menggunkaan-cuka-apel-untuk-obati-jerawat-dari-toner-hingga-facial

Untuk penyimpanannya sendiri, cuka apel bisa disimpan di dalam ruang bersuhu kamar dan teduh. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan juga air hujan. Cuka apel ini tidak akan basi, jadi Moms tak perlu khawatir. Pastikan untuk menaruhnya di tempat yang aman dari jangkauan semut. Moms bisa juga menyimpannya di lemari pendingin. 

Mudah bukan cara membuatnya? Selamat mencoba ya Moms!